Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Permainan Edukasi Kahoot di Kelas IX

Febrina Hafidzah, Jaenudin Jaenudin, Etika Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi dalam proses evaluasi pembelajaran matematika yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat evaluasi berbasis permainan edukasi Kahoot yang interaktif dan menyenangkan, serta mengkaji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitasnya. Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian 30 siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cisoka, satu ahli media, dan dua ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi Kahoot sangat layak digunakan dengan skor validasi dari ahli materi sebesar 93% dan dari ahli media sebesar 98%. Respons siswa menunjukkan alat ini sangat praktis dengan rata-rata skor kepraktisan 93%. Selain itu, implementasi alat evaluasi Kahoot meningkatkan motivasi belajar siswa dan menghasilkan peningkatan rata-rata skor tes. Dengan demikian, alat evaluasi ini efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Keywords


Learning Evaluation, Kahoot, Mathematics, ADDIE.

Full Text:

PDF

References


Amarila, R. S., Aini Habibah, N., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Model Webbed Tema Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 563(2). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Usej

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. In Journal Elmentary Education (Vol. 1, Issue 2). Http://Pedirresearchinstitute.Or.Id/Index.Php/Pedirjournalelementaryeducation/

Crismono, P. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2, 106–113. Https://Doi.Org/10.21831/Jpms.V4i1.10111

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Pada Mahasiswa. In Jnsi: Journal of Natural Science And Integration (Vol. 3, Issue 2). Https://Kahoot.Com/

Fadlilah, N. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Barbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Smp [Thesis (Undergraduate), Universitas Muhammadiyah]. Http://Eprints.Umg.Ac.Id/Id/Eprint/3337

Falah, M., Izza, A. Z., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Https://Proceeding.Unikal.Ac.Id/Index.Php/Kip

Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.

Firdaos, R. (2016). Metode Pengembangan Instrumen Pengukur Kecerdasan Spiritual Mahasiswa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2).

Hartono, A. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Aplikasi Kahoot Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Silo. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Ismail, M. A. A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment In Medical Education. Education in Medicine Journal, 9(2), 19–26. Https://Doi.Org/10.21315/Eimj2017.9.2.2

Iwamoto, D. H., Hargis, J., Taitano, E. J., & Vuong, K. (2017). Analyzing the Efficacy of The Testing Effect Using Kahoot TM on Student Performance. In Turkish Online Journal of Distance Education.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, I(2).

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. Https://Doi.Org/10.24042/Ajpm.V8i2.2014

Maula, I. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Kelas X. Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Mutakin, T. Z., Mulyatna, F., & Hakim, A. R. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Tingkat Empat pada Materi Bilangan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 49–58. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20907

Najuah, Sidiq, R., & Simamora, R. S. (2022). Game Edukasi: Strategi Dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21 (J. Simarmata, Ed.; 1st Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Napis., Hakim, A.R., Farhan, M., & Apriyanto, M.T. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penilaian Melalui Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 354-362. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4209

Napis., Hakim, A.R., Apriyanto, M.T., & Farhan, M. (2023). Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Aplikasi Google Form Sebagai Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Matematika Dan IPA. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 9(1), 27-35. https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i1.542

Novayani, W. (2019). Game Genre Untuk Permainan Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kebutuhan Pedagogi Dan Learning Content. In Jurnal Komputer Terapan (Vol. 5, Issue 2). Https://Jurnal.Pcr.Ac.Id/Index.Php/Jkt/

Praja, E. S. (2014). Kualitas Alat Evaluasi Matematika Dalam Kemampuan Kognitif Dan Analisisnya.

Rakhmawati, R. M. (2015). Pengembangan Soal Berpikir Kritis Untuk Siswa Smp Kelas Viii. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 6, Issue 2).

Rambe, I. W. (2022). Studi Kasus Tingkat Persepsi Siswa Smp Terhadap Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Brainstorming Di Sekolah. In Jurnal Math-Umb.Edu (Vol. 9, Issue 3).

Rofiyarti, F., & Sari, A. Y. (2017). Tik Untuk Aud: Penggunaan Platform “Kahoot!” Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b). Https://Kahoot.Com/

Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., Megawati, E., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Jepara, U., Migas, S., & Papan, B. (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41–54.

Sudarwan, R., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Assessment Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Geometri Dan Pengukuran Smp/Mts. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 251–261.

Suttrisno, Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar Suttrisno Nurul Mahruzah Yulia Dewi Niswatul Fithriyah. Zahra: Research and Tought Elmentary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/2340/

Wulan, A., & Aristia, R. (2018). Jenis-Jenis Instrumen Dalam Evaluasi Pembelajaran. Umsida. Eprints.Umsida.ac.id/4050/

Yusnawan, I. P. A. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Gradien Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 66-76. https://jurnalfkipuntad.com/index.php/jpmt/article/view/104


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Febrina Hafidzah, Jaenudin, Etika Khaerunnisa.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.