Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Permainan Edukasi Kahoot di Kelas IX
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amarila, R. S., Aini Habibah, N., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Model Webbed Tema Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 563(2). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Usej
Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. In Journal Elmentary Education (Vol. 1, Issue 2). Http://Pedirresearchinstitute.Or.Id/Index.Php/Pedirjournalelementaryeducation/
Crismono, P. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2, 106–113. Https://Doi.Org/10.21831/Jpms.V4i1.10111
Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Pada Mahasiswa. In Jnsi: Journal of Natural Science And Integration (Vol. 3, Issue 2). Https://Kahoot.Com/
Fadlilah, N. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Barbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Smp [Thesis (Undergraduate), Universitas Muhammadiyah]. Http://Eprints.Umg.Ac.Id/Id/Eprint/3337
Falah, M., Izza, A. Z., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Https://Proceeding.Unikal.Ac.Id/Index.Php/Kip
Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.
Firdaos, R. (2016). Metode Pengembangan Instrumen Pengukur Kecerdasan Spiritual Mahasiswa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2).
Hartono, A. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Aplikasi Kahoot Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Silo. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Ismail, M. A. A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment In Medical Education. Education in Medicine Journal, 9(2), 19–26. Https://Doi.Org/10.21315/Eimj2017.9.2.2
Iwamoto, D. H., Hargis, J., Taitano, E. J., & Vuong, K. (2017). Analyzing the Efficacy of The Testing Effect Using Kahoot TM on Student Performance. In Turkish Online Journal of Distance Education.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, I(2).
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. Https://Doi.Org/10.24042/Ajpm.V8i2.2014
Maula, I. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Kelas X. Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Mutakin, T. Z., Mulyatna, F., & Hakim, A. R. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Tingkat Empat pada Materi Bilangan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 49–58. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20907
Najuah, Sidiq, R., & Simamora, R. S. (2022). Game Edukasi: Strategi Dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21 (J. Simarmata, Ed.; 1st Ed.). Yayasan Kita Menulis.
Napis., Hakim, A.R., Farhan, M., & Apriyanto, M.T. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penilaian Melalui Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 354-362. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4209
Napis., Hakim, A.R., Apriyanto, M.T., & Farhan, M. (2023). Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Aplikasi Google Form Sebagai Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Matematika Dan IPA. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 9(1), 27-35. https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i1.542
Novayani, W. (2019). Game Genre Untuk Permainan Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kebutuhan Pedagogi Dan Learning Content. In Jurnal Komputer Terapan (Vol. 5, Issue 2). Https://Jurnal.Pcr.Ac.Id/Index.Php/Jkt/
Praja, E. S. (2014). Kualitas Alat Evaluasi Matematika Dalam Kemampuan Kognitif Dan Analisisnya.
Rakhmawati, R. M. (2015). Pengembangan Soal Berpikir Kritis Untuk Siswa Smp Kelas Viii. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 6, Issue 2).
Rambe, I. W. (2022). Studi Kasus Tingkat Persepsi Siswa Smp Terhadap Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Brainstorming Di Sekolah. In Jurnal Math-Umb.Edu (Vol. 9, Issue 3).
Rofiyarti, F., & Sari, A. Y. (2017). Tik Untuk Aud: Penggunaan Platform “Kahoot!” Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b). Https://Kahoot.Com/
Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., Megawati, E., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Jepara, U., Migas, S., & Papan, B. (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41–54.
Sudarwan, R., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Assessment Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Geometri Dan Pengukuran Smp/Mts. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 251–261.
Suttrisno, Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar Suttrisno Nurul Mahruzah Yulia Dewi Niswatul Fithriyah. Zahra: Research and Tought Elmentary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/2340/
Wulan, A., & Aristia, R. (2018). Jenis-Jenis Instrumen Dalam Evaluasi Pembelajaran. Umsida. Eprints.Umsida.ac.id/4050/
Yusnawan, I. P. A. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Gradien Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 66-76. https://jurnalfkipuntad.com/index.php/jpmt/article/view/104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Febrina Hafidzah, Jaenudin, Etika Khaerunnisa.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.