Analisis Kemampuan Siswa Kelas X Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Zalfa Rahma Wanda, Hikmah Febriyanti Lestari, Rahmania Suryati Putri, Ul'fah Hernaeny

Abstract


Tujuan penelitian yaitu melakukan analisa terhadap kemampuan peserta didik dalam pemecahan permasalahan matematika di kelas X pada materi pertidaksamaan nilai mutlak. Dalam pembelajaran matematika, penting bagi siswa menguasai pemecahan permasalahan matematika. Metode penelitian adalaah deskriptif kualitatif dengan partisipasi siswa kelas X untuk menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes tertulis yang tersusun atas soal terkait pertidaksamaan nilai mutlak dan wawancara untuk mendalami pemahaman siswa terhadap konsep tersebut

Keywords


Pemecahan masalah;pertidaksaman nilai mutlak;siswa kelas X

Full Text:

PDF

References


Ameliya, A., dkk. (2024). Analisis Kemampuan Mahasiswa Matematika FMIPA Unimed dalam Menyelesaikan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dengan Berbantuan Python. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(5), 07-16.

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan kriteria watson. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 365-372.

Desti, E., Anggoro, B. S., & Suherman. (2018). Pengaruh Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, Vol.1, No.2, 526-532.

Hanik, U., & Liansari, V. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4596-4609.

Hidayah, A., & Lestari, W. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Gading Dengan Metode Polya. ProSANDIKA (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 227-239.

Irsyadi, M. K., Sari, A. S. L., & Yunaini, F. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Penyelesaian Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Kriteria Watson. Numeracy, 9(1), 52–63.

Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). Kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori polya pada siswa kelas VIII SMP ditinjau dari gender. Natural Science Education Research (NSER), 4(1), 84-92.

Maulani, D. A., Katminingsih, Y., & Hima, L. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel SMA. E-Prosiding Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, dan Komputasi (SeNa-MaGeStiK), 478 - 486, Aug. 2022.

Negara, I. G. P. J., Noviantari, P. S., & Payadnya, I. P. A. A. (2020, July). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika berdasarkan kriteria Watson pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi operasi bilangan cacah siswa sekolah dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293.

Nur, S., & Kartini, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Materi Persamaan Petidaksamaan Nilai Mutlak. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 47-56.

Nurrizbaeni, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak. 01(03).

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 63.

Salahuddin, M. & Ramdani, N. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika berdasarkan Tahapan Polya. Tarbiyah Wa Ta'lim, 8(1), 37-48.

Simamora, E. W. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 2783-2789.

Syahda, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Polya. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 75-82.

Syahda, U., Yuhana, Y., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 336-349.

Upu, A., Taneo, P. N., & Daniel, F. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan newman dan upaya pemberian scaffolding. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 52-62.

Widodo, S. A. & Sujadi, A. A. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 51-63.

Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. LEMMA: Letter of Matematics Education, 3(2), 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zalfa Rahma Wanda, Hikmah Febriyanti Lestari, Rahmania Suryati Putri, Ul'fah Hernaeny

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.