Pengaruh Disposisi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Sukatani Tapos Depok Jawa Barat

Santi Anggraeni, Lin Mas Eva

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di MTS Al-Hidayah Sukatani dengan tujuan mengetahui pengaruh disposisi matematis dan kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan analisis regresi ganda. Adapun sampel penelitian berjumlah 43 responden dari siswa/i kelas VIII (delapan) MTS Al-Hidayah Sukatani dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket disposisi matematis dan kemandirian belajar serta soal essai kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan uji regresi ganda. Berdasarkan hasil perhitungan data hasil penelitian diperoleh regresi ganda yang dihasilkan yaitu . Hasil hitung koefisien korelasi ganda sebesar 0,317 dan koefisien determinasinya sebesar 10,049% hal ini mberarti terdapat korelasi yang rendah dan sisanya 89,951% keberadaan skor kemampuan representasi matematis dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis dan kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII MTS Al-Hidayah Sukatani.

Keywords


Disposisi Matematis, Kemandirian Belajar, Kemampuan Representasi Matematika.

Full Text:

PDF

References


Addawiyah, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.

Arofah, M. N., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Lingkaran di Kelurahan Muarasanding. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 421-434.

Azzahra, F. P., & Sopiany, H. N. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa SMP. Didactical Mathematics, 5(1), 96-106.

Dina, H., Zidatun, Ikhsan, M., Hajidin. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis melalui Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 11-22.

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model problem bassed learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395.

Ghassani, D. A., Nursa’adah, A., Septira, F., Effendi, M., Herman, T., & Hasanah, A. (2023). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Kurikulum Merdeka. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 307-316.

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202.

Hakim, A.R., dkk. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Solusi Persamaan Nirlanjar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 249-262.

Ismawati, Y., Ramadhani, D. I., Jamaliyah, R., Rachmat, R. E. H., Ibrahim, Hanifa, F., (2021). Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 35-46.

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 64-79.

Maryati, I., Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA Volume 10, No. 2, hal. 244-254.

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 202–210.

Putri, N. R. L., Armiati, & Yerizon, Y. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA. Journal on Teacher Education, 5(1), 172-177.

Rosanti, R., Hartoyo, A., & Rifat, M. (2020). Hubungan Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Materi Fungsi Siswa MTs. Al-Jihad. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(12), 1-8.

Saputra, A. W., Nasution, M. D. C., Fauziah, E. M., Widayanti, L., Aldila, A. D., & Hakim, A. R. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60.

Simangunsong, V. H., Perangin-angin, R. B., Gultom, D. I., Naibaho, T. (2021). Hubungan filsafat pendidikan dan filsafat matematika dengan pendidikan. September, 3 (1), 14-25.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan ke-26). Bandung: ALFABETA

Supardi, U. S. (2018). Aplikasi Statistika dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Change Publication.

Thahir, M., Rachmaniar, A., & Thahir, W. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 99-107.

Wahyuni, S., & Leonard, L. (2021). Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(2), 152-163.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Santi Anggraeni, Lin Mas Eva

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.