Pengaruh Disposisi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Sukatani Tapos Depok Jawa Barat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Addawiyah, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.
Arofah, M. N., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Lingkaran di Kelurahan Muarasanding. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 421-434.
Azzahra, F. P., & Sopiany, H. N. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa SMP. Didactical Mathematics, 5(1), 96-106.
Dina, H., Zidatun, Ikhsan, M., Hajidin. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis melalui Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 11-22.
Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model problem bassed learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395.
Ghassani, D. A., Nursa’adah, A., Septira, F., Effendi, M., Herman, T., & Hasanah, A. (2023). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Kurikulum Merdeka. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 307-316.
Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202.
Hakim, A.R., dkk. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Solusi Persamaan Nirlanjar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 249-262.
Ismawati, Y., Ramadhani, D. I., Jamaliyah, R., Rachmat, R. E. H., Ibrahim, Hanifa, F., (2021). Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 35-46.
Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 64-79.
Maryati, I., Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA Volume 10, No. 2, hal. 244-254.
Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 202–210.
Putri, N. R. L., Armiati, & Yerizon, Y. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA. Journal on Teacher Education, 5(1), 172-177.
Rosanti, R., Hartoyo, A., & Rifat, M. (2020). Hubungan Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Materi Fungsi Siswa MTs. Al-Jihad. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(12), 1-8.
Saputra, A. W., Nasution, M. D. C., Fauziah, E. M., Widayanti, L., Aldila, A. D., & Hakim, A. R. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60.
Simangunsong, V. H., Perangin-angin, R. B., Gultom, D. I., Naibaho, T. (2021). Hubungan filsafat pendidikan dan filsafat matematika dengan pendidikan. September, 3 (1), 14-25.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan ke-26). Bandung: ALFABETA
Supardi, U. S. (2018). Aplikasi Statistika dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Change Publication.
Thahir, M., Rachmaniar, A., & Thahir, W. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 99-107.
Wahyuni, S., & Leonard, L. (2021). Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(2), 152-163.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Santi Anggraeni, Lin Mas Eva

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.