Analisis Indikator Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika harus dikuasai oleh siswa sebagai salah satu kemampuan dasar dalam menyelesaikan persoalan matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematika dapat diukur dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika beserta indikator pemecahan masalah matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan studi kepustakaan, serta sumber referensi dari jurnal nasional, e-book, serta laporan penelitian lainnya yang diperoleh secara online. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 4 indikator pemecahan masalah matematika, diantaranya: (1) proses pemecahan masalah, (2) penerapan strategi atau pemodelan matematika, (3) keterampilan kognitif dalam matematika, dan (4) mengevaluasi hasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dapa, P.T.N., & Elanno, C.M.V.A. (2019). Analysis of Problem-Solving Skills of Seventh Grade Students of Indonesia Institute of Yogyakarta Junior High School in Triangle Materials after the Implementation of Problem-Based Learning Model. Companion Proceedings of 7th South Asia Design Research International Conference 2019 “Improving Professionalism and Reflective Thinking through Design Research”: 18-28. Yogyakarta, 25-28 July 2019: Sanata Dharma University Press.
Duha, R., & Harefa, D. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jawa Barat: Jejak.
Harefa, D., & Laia, H.T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(02), 329-335. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.329-338.2021
Hidayat, A., Sa’dijah, C., & Sulandra, I. M. (2019). Proses Berpikir Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 923. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12634
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf
Rabbani, A., Baidowi., Wahidaturrahmi., & Sripatmi. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) Siswa Kelas IX. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1525-1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.815
Rachmawati, A., & Adirakasiwi Galih, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JIPMat, 4(1), 835. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8080
Raudho, Z., Handayani, T., & Syutaridho, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Pytagoras Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 101. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9061
Riatma, A. T. A., Jainuri, M., & Susanti, A. (2023). Bimbingan Belajar (BimBel) Matematika Di Desa Sinar Gading. 1(2), 1–5.
Riyanto, O.R., Widyastuti., Yustitia, V., Oktaviyanti, R., Sari, N.H.M., Izzati, M. Sukmaangara, B., Indartiningsih, D., Wibowo, A., Maharbid, D.A., & Wajid, S. (2024). Kemampuan Matematis. Cirebon: CV Zenius Publisher.
Rosehana, S., & Haerudin, H. (2023). Kesalahan siswa menyelesaikan soal pisa berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Didactical Mathematics, 5(2), 461–470. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6279
Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3078-3086. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1423
Suryawan, H.P. (2020). Pemecahan Masalah Matematis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 1–12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Elisa Dewi Widianti, Herlina Dwi Pratiwi, Prianti Patmah.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.