Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Program Linear Matematika Berdasarkan Prosedur Newman

Dwi Fitricia Cahyaningrum, Lasia Agustina

Abstract


Tujuan penelitian menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMK Melia Medika materi program Linear dengan Prosedur Newman. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas XI sebanyak 22 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan mengelompokkan ke dalam 3 kategori yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa analisis pemecahan masalah matematika siswa tergolong sedang. Siswa dengan kategori tinggi didapatkan sebanyak 13 siswa atau 59,09% yang berada pada kriteria tinggi, 7 siswa atau 31,81% yang berada pada kriteria sedang, dan 2 siswa atau 9,09% yang berada pada kriteria rendah.Hasil penelitian menunjukkan: kesimpulan bahwa siswa kelas XI SMK MELIA MEDIKA dalam menyelesaikan soal pada materi program linear melakukan kesalahan membaca dengan persentase sebesar 18%, kesalahan pemahaman sebesar 32%, kesalahan transformasi sebesar 64%, kesalahan keterampilan proses sebesar 59%, dan kesalahan penyimpulan sebesar 55%.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Prosedur Newman.

Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposis Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal cendakia: jurnal pendidikan matematika, 2(1), 144-153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2il.62

Asmoro, (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Jakarta Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Skripsi. Jakarta Universitas Indraprasta PGRI, 1-2.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 40–51. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Habibatul, I. K., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesia Journal Of Educational Research And Riview, 2(2), 210-218. https://doi.org//10.23887/ijerr.v2i2.17629

Hakim, A. R., dkk. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Solusi Persamaan Nirlanjar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 249-262. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/23363

Miliyawati, B. (2016). Kurikulum dan pembelajaran matematika di Jepang serta perbandingannya dengan di Indonesia. KALAMATIKA. https://doi.org/10.22236/kmk.v1i1.4

Newman, M. A. (1983). Strategies for diagnosis and remediation. Sydney: Harcourt, Brace Jovanovich.

Nuraini, T. F., Hakim, A. R., & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VII Pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 39-52. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5935/1538#

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis kesalahan siswa Smk dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik pada materi program linier. Jurnal Cendekia: jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-20, https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.74

Nuryana, D. & Rosyana P.T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-20 https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.74

Ponoharjo, Utami, W. B., & Aulia, F. (2019). Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Analisis Kesalahan Menggunakan Newman Procedure. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 12-19. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v1312.1428

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V DI SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/14

Rahmawati, D. & Permata, L. D. (2018). ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman’, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), pp. 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Suryani, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa.

Utami, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN Golong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1363-1369. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.766

Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Program Linier berdasarkan Newman's Error Analysis (Nea) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (hlm. 297-303). Retrieved Desember 3, 2020, from http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/392


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Fitricia Cahyaningrum, Lasia Agustina, Dudung Ahludin.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.