Peran Pertidaksamaan dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Kritis

Untay Royana, Marcella Galuh Prabaningtyas, Fulgensius H.B. Namang, Ul'fah Hernaeny

Abstract


Matematika digunakan untuk melatih kemampuan siswa dalam berpikir dan bernalar sehingga dapat menyelesaikan masalah kehidupan nyata. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar adalah melalui peran pertidaksamaan dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi peran pembelajaran pertidaksamaan dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis dengan fokus pada pendekatan-pendekatan yang efektif serta celah penelitian yang perlu ditindaklanjuti. Menggunakan desain kajian pustaka, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan mengenai peran pertidaksamaan dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis proses berpikir, konteks sosial-budaya, penggunaan teknologi, dan metode kolaboratif memiliki potensi besar dalam mengembangkan kemampuan berpikir analitis dan kritis. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik dan peneliti untuk mengintegrasikan pendekatan tersebut dalam pembelajaran pertidaksamaan.

Keywords


Inequality; Analytical Thinking; Critical Thinking; Mathematics.

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Andini, R. N., Yusritawati, I., Yanti, R., & Saraswati, L. (2023). Analisis Persepsi Siswa terhadap Pentingnya Matematika dalam Kehidupan Sehari-Hari di Dua Kelas SMAN 1 Cigugur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2193–2200. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.441

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9

Damayanti, E., Suhanda, H., & Suryatna, A. (2022). Analisis Potensi Lks Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Topik Identifikasi Protein Dalam Bahan Makanan Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riset Dan Praktik Pendidikan Kimia, 9(1), 24–36. https://doi.org/10.17509/jrppk.v9i1.52271

Enkhar, L. R., Saputra, S. D., Zahra, N., & Un, A. M. P. (2023). Implementasi Penerapan Python dalam Menyelesaikan Pertidaksamaan Kalkulus. Jurnal Matematika, 1.

Handayani, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran CORE Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3095

Harianja, J. (2020). Implementasi Rally Coach untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Query date: 2024-11-06 00:08:43. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/2989

Hayuningtyas, D. P. (2023). Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan.

Husna, L. (2022). Pengaruh Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Kelas 5 di MI Syamsul Huda. etheses.iainkediri.ac.id. http://etheses.iainkediri.ac.id/7319/

Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148–161. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7157

Machfud, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Respons, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 105–120. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.301

Musa, S. M. (2016). Chapter 3—Equations, Inequalities, and Modeling. In S. M. Musa (Ed.), Fundamentals of Technical Mathematics (pp. 67–96). Academic Press. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-801987-0.00003-4

Permatasari, Y. P. (2024). Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI-KUL-2 SMK Negeri 8 Surabaya. Sains Data Jurnal Studi Matematika dan Teknologi, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.52620/sainsdata.v2i1.32

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. 1.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Rahmawati, M., & Malawi, I. (2024). Implementasi Model Pbl (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Tarl (Teaching at The Right Level) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. 10.

Ramadania, F., Wulandari, N. I., & Nahlini, N. (2018). Peranan komunikasi bahasa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Keraton 3 Martapura. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.52

Rehalat, A. (2016). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1625

Saputra, R., Novaliyosi, N., Syamsuri, S., & Hendrayana, A. (2024). Systematic Literature Review: Strategi Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1697–1710. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3312

Umaroh, U., Novaliyosi, N., & Setiani, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 61. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.13368


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Untay Royana, Marcella Galuh Prabaningtyas, Fulgensius H.B. Namang, Ul'fah Nurhaeny.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.