Pengaruh Media Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Statistika Regresi

Mutiea Ira Pradita, Sutini Sutini, Dian Yuliati

Abstract


Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami matematika, khususnya pada topik statistika regresi, mendorong dilakukannya penelitian bertujuan untuk menanggulangi keluaran peserta didik yang tergolong sedang hingga kurang mampu. Hal ini diperuntukkan guna menganalisis pengaruh alat ajar pada output matematika kelas XI–A2 di SMAN 15 Surabaya. Sebelum penggunaan media pembelajaran, hanya 20% siswa (6 siswa) yang mencapai output pembelajaran tinggi. Setelah media terbuka diterapkan, terjadi peningkatan signifikan dengan 14 siswa atau 47% dari total siswa mencapai hasil belajar yang sedang. Hipotesis media ajar memiliki pengaruh besar terhadap output pengajaran matematika yang berdasarkan uji Paired Sample t-test menghasilkan nilai signifikasi yang dapat diterima lebih kecil dari 0,05.

Keywords


Learning Media, Mathematics, Regression Statistics, High School, Statistics, SMAN 15 Surabaya

Full Text:

PDF

References


Agustianti, Rifka, Pandriadi, Lissiana Nussifera, Wahyudi, L. Angelianawati, Igat Meliana, Effi Alfiani Sidik, Qomarotun Nurlaila, Nicholas Simarmata, Irfan Sophan Himawan, Elvis Pawan, Faisal Ikhram, Astri Dwi Andriani, Ratnadewi, and I. Rai Hardika. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. https://core.ac.uk/download/pdf/236196144.pdf

Hanifah, Hani, Susi Susanti, and Aris Setiawan Adji. (2020). “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Manazhim.”

Hariadi, S. (2017). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lcd Proyektor Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 11(1):100–110.

Kasi, R. (2023). “Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.”

Mulyadi, Fahreza, F. & Julianda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Visipena, 9(1), 31-46. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.428

Mulyati, Sri, and Hanif Evendi. 2020. “Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):64–73. doi: 10.30656/gauss.v3i1.2127

Ndraha, Hiskia, and Agnes Renostini Harefa. (2023). “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara.” Journal on Education 6(1):5328–39. doi: 10.31004/joe.v6i1.3714.

Nuraini, T. F., Hakim, A. R., & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VII Pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 39-52. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5935/1538#

Prastica, Yunita, Muhammad Thamrin Hidayat, Syamsul Ghufron, and Akhwani Akhwani. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3260–69. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1327.

Utami, Y. (2017). “Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Proyektor LCD Menggunakan Program Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menentukan Volume Kubus Dan Balok Pada Bangun Ruang.” 1(1).

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389

Zakariah, M. Askari, Vivi Afriani, & KH M. Zakariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mutiea Ira Pradita, Sutini, Dian Yuliati.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.