Analisis Kemampuan Metakognitif pada Materi Statistika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA N 01 Bojong

Khamdanah Khamdanah, Nur Baiti Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa berdasarkan kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah pada pokok bahasan soal statsitika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 01 Bojong. Terdapat 6 subjek penelitian yang mewakili kategori kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan  metode tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan melihat jawaban tes soal siswa dan wawancara.  Setelah penelitian dilakukan, didapatkan hasil bahwa, 1.) siswa dengan kemandirian belajar tinggi mampu menggunakan kemmapuan metakognitif pada aspek planning, monitoring, evaluating dengan maksimal, 2.) siswa dengan kemandirian belajar sedang mampu menggunakan kemampuan metakognitif pada aspek planning dan monitoring dengan maksimal, tetapi belum bisa menggunakan kemampuan metakognitif pada aspek evaluation secara maksimal, 3.) siswa dengan kemandirian belajar rendah belum dapat menggunakan keterampilan metakognitif aspek planning, monitoring dan evaluating secara maksimal.

Keywords


Kemampuan metakognitif, pemecahan masalah matematika, kemandirian belajar, statistika.

References


Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538

Arum, R. P. (2017). Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education, 3(1), 23–33.

Ekadiarsi, A. N., & Khusna, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Program Linear ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Prisma, 11(1), 279. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2263

F Assyifa, E., Pujiastuti, H., & S, C. A. H. F. (2020). Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 367–382.

Febdhizawati, E. H., Dwijayanti, I., & Nugroho, A. A. (2021). Analisis kemampuan metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika materi program linear ditinjau dari gaya belajar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika Fpmipati-Universitas PGRI Semarang, 47–53.

Lalang, A. C. (2021). Pentingnya Pemberdayaan Metakognisi terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid19. Jurnal Βeta Kimia, 1(2), 15–24. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jbkHalaman%7C15

Nafi, A. F. (2017). Analisis Keterampilan Guru Dalam Proses Pembelajaran Ipa Berbasis Laboratorium Di Mts Al-Islam Joresan Tahun Pelajaran 2016 …. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS, September, 87–96.

Rosanti, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Journal for Research Mathematics Education (Vol. 28, Issue 1). https://www.jstor.org/stable/749784?read-now=1&seq=1#page_scan_tab_contents

Susanto, D., & Khasanah, U. (2017). Hubungan Antara Kemandirian Belajar, Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Dan Kemampuan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Semester Genap Smk Muhammadiyah Prambanan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Mathematics Education AlphaMath, 3(1).

Wulansari, K. T., Rohana, & Marhamah. (2022). Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Mathema Journal, 4(2), 107–117. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2124%0Ahttps://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/download/2124/930%0Ahttps://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2124/930

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35–47. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3647

Yanty Putri Nasution, E., Emjasmin, A., Rusliah, N., Agama Islam Negeri Kerinci, I., Kapten Muradi Sungai Penuh, jalan, & Penuh, S. (2021). Analisis Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 141–150.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khamdanah, Nur Baiti Nasution.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.