Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Challenge Based on Ethnomathematics Learning berbantuan Wordwall dan AI-Video

Vivi Anggraini Saputri Azis, Adi Satrio Ardiansyah

Abstract


Dalam menghadapi perkembangan di abad ke 21, peserta didik membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Hasil studi PISA tahun 2022 menunjukan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model Challenge Based on Ethnomathematics Learning berbantuan Wordwall dan AI-Video terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang dipilih ialah studi literatur dengan mengkaji studi-studi terdahulu yang relevan. Berdasarkan hasil studi literatur diketahui bahwa, model CBL mampu mengajak peserta didik terlibat aktif dalam proses berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Etnomatematika mampu menghadirkan masalah kontekstual dengan mengabstraksikan konsep matematika melalui budaya di sekitar. Bantuan ICT dalam bentuk Wordwall dan AI-Video dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik sehingga pembelajaran akan berlangsung efektif. Sehingga diketahui bahwa inovasi model Challenge Based on Ethnomathematics Learning berbantuan Wordwall dan AI-Video mampu memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Challenge Based Learning; Etnomatematika; Wordwall; AI-Video

References


Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Aminah, R. (2024). Kajian Teori : Pengembangan Modul Ajar Pemodelan Matematika Bernuansa Etnomatematika Terintegrasi Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 189–197. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2955

Anwar, K., & Murtopo. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (ICT) dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 8(1), 132–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i1.20422

Asbara, N. W., Agunawan, Latief, F., Nurani, Ifani, A. Z., Deviv, S., Nianty, D. A., Mahendra, Y., & Wulandari, T. (2024). Penerapan Ai Sebagai Alat Bantu Proses Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 831. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20083

Astuti, E. P., & Supriyono, S. (2020). Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 49–60. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492

Ayu, A. S., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Buku Ajar Matematika Dengan Model Challenge Based Learning Bernuansa STEM Berbantuan Kahoot! Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 3(01), 161–168. http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/1180

Ekaputra, F. (2024). Penerapan Model Project Based Learning pada Praktikum Biokimia untuk Meningkatkan Keterampilan 4C. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 10(1), 38–42. https://doi.org/10.30653/003.2024101.81

Fairazatunnisa, Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.702

Fajriani, G., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Evaluasi berbasis game edukasi Wordwall untuk meningkatkan berpikir kritis siswa generasi Z kelas X di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 36–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18411

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769

Fitri, U. A., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTS Safinatul Husna pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 169–176. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/8214

Irzavika, N., Pradana, M. G., Arifuddin, N. A., & Rosmawarni, N. (2024). Pembuatan Video Menggunakan Artificial Intelligence di SMA Negeri 87 Jakarta. ABDIKOM : Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.52958/abdikom.v2i1.6899

Izzulhaq, M. G., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Challenge Based Learning (CBL) Bernuansa Etnomatematika Berbantuan Instagram terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 5(2), 139–152. https://doi.org/10.29240/ja.v5i2.8642

Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25. https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf

Mahfiroh, H., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Challenge Based Learning pada pada Kuliner Dawet Ayu Banjarnegara Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 70–76. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 29–43. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023284

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. https://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818

Mufaridah, F., Yono, T., Aziza, S. N., & Aabid, M. F. (2024). Penguatan Literasi Digital Guru Untuk Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 1761–1767. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3080

Mukarromah, M., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2020). Pengaruh Model Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 214. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13176

Nawawi, S. (2016). Potensi Model Pembelajaran Challenge Based Learning Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 153–164. https://www.researchgate.net/publication/337331330_POTENSI_MODEL_PEMBELAJARAN_CHALLENGE_BASED_LEARNING_DALAM_MEMBERDAYAKAN_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS

Nichols, M., Cator, K., & Torres, M. (2016). Challenge Based Learner User Guide. In Digital Promise and The Challenge Institute. https://www.challengebasedlearning.org/wp-content/uploads/2019/02/CBL_Guide2016.pdf

Ningsih, E. M., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA E mulyati ningsih, S. budi sartika. (2022). DIKSAINS : Jurnal Ilm. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(01), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/diksains.3.1.1-6

Novitasari, Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Students’ Worksheet Effectivity Ethnomathematics-Based with STEM Approach to Critical Thinking Ability. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 57–66.

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 44–54. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842

Nurlaili, Afriansyah, D., & Nuri, Y. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Lingkungan Kelas X di SMA Negeri 4 Prabumulih. Jurnal Pena Sains, 4(2), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/jps.v4i2.3209

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255

Prameswari, S. W., Suharno, & Sarwanto. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648

Pratiwi, K. R., Nurmaina, M., & Aridho, F. F. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99–105. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3810

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29029

Rahayu, P., Pangertika, R. R., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 4(1), 385–394. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5901

Rizky, I., & Ardiansyah, A. S. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Challenge Based Learning Terintegrasi STEM. PROSIDING SANTIKA: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN, 344–355. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1407

Rosyid, A., & Mubin, F. (2024). PEMBELAJARAN ABAD 21: MELIHAT LEBIH DEKAT INOVASI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INDONESIA. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.586

Satifa, O., Misliana, & Habibi, M. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Jalo Khas Kampar. Jambura Journal of Mathematics Education, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.37905/jmathedu.v5i1.22306

Shiddiq, J. (2021). INOVASI PEMANFAATAN WORD-WALL SEBAGAI MEDIA GAME-BASED LEARNING UNTUK BAHASA ARAB. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 05(01), 151–169. https://doi.org/https://doi.org/10.33754/jalie.v8i01

Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.1.p.1-10

Sudarsono, S., & Sapriya. (2023). Development Of Web-Based Interactive Game Media Application Wordwall Material Odd Numbers Even Mathematics Subjects Grade II Elementary School. International Conference on Elementary Education, 5(1), 629–639. http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/download/3147/2856

Surayya, S., Patonah, S., & Sumiyatun. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. Journal of Elementary Education, 07(02), 214–222. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22504

Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2017.v08.i02.p05

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences ( AI ) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11544

Utami, Y. B. (2023). Etnomatematika “Tabut Bengkulu” Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Gugus 10 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v6i1.28643

Wahyuni, S., & Koesdyantho, A. R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Pada Candi Cetho Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Sinektik, 1(2), 191–207. https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2803

Yoosomboon, S., & Wannapiroon, P. (2015). Development of a Challenge Based Learning Model via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2102–2107. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vivi Anggraini Saputri Azis, Adi Satrio Ardiansyah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.