Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Challenge Based on Ethnomathematics Learning berbantuan Wordwall dan AI-Video
Abstract
Keywords
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Aminah, R. (2024). Kajian Teori : Pengembangan Modul Ajar Pemodelan Matematika Bernuansa Etnomatematika Terintegrasi Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 189–197. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2955
Anwar, K., & Murtopo. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (ICT) dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 8(1), 132–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i1.20422
Asbara, N. W., Agunawan, Latief, F., Nurani, Ifani, A. Z., Deviv, S., Nianty, D. A., Mahendra, Y., & Wulandari, T. (2024). Penerapan Ai Sebagai Alat Bantu Proses Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 831. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20083
Astuti, E. P., & Supriyono, S. (2020). Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 49–60. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492
Ayu, A. S., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Buku Ajar Matematika Dengan Model Challenge Based Learning Bernuansa STEM Berbantuan Kahoot! Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 3(01), 161–168. http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/SNMSA/article/view/1180
Ekaputra, F. (2024). Penerapan Model Project Based Learning pada Praktikum Biokimia untuk Meningkatkan Keterampilan 4C. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 10(1), 38–42. https://doi.org/10.30653/003.2024101.81
Fairazatunnisa, Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.702
Fajriani, G., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Evaluasi berbasis game edukasi Wordwall untuk meningkatkan berpikir kritis siswa generasi Z kelas X di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 36–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18411
Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769
Fitri, U. A., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTS Safinatul Husna pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 169–176. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/8214
Irzavika, N., Pradana, M. G., Arifuddin, N. A., & Rosmawarni, N. (2024). Pembuatan Video Menggunakan Artificial Intelligence di SMA Negeri 87 Jakarta. ABDIKOM : Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.52958/abdikom.v2i1.6899
Izzulhaq, M. G., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Challenge Based Learning (CBL) Bernuansa Etnomatematika Berbantuan Instagram terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 5(2), 139–152. https://doi.org/10.29240/ja.v5i2.8642
Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25. https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf
Mahfiroh, H., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Challenge Based Learning pada pada Kuliner Dawet Ayu Banjarnegara Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 70–76. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 29–43. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023284
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. https://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818
Mufaridah, F., Yono, T., Aziza, S. N., & Aabid, M. F. (2024). Penguatan Literasi Digital Guru Untuk Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 1761–1767. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3080
Mukarromah, M., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2020). Pengaruh Model Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 214. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13176
Nawawi, S. (2016). Potensi Model Pembelajaran Challenge Based Learning Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 153–164. https://www.researchgate.net/publication/337331330_POTENSI_MODEL_PEMBELAJARAN_CHALLENGE_BASED_LEARNING_DALAM_MEMBERDAYAKAN_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS
Nichols, M., Cator, K., & Torres, M. (2016). Challenge Based Learner User Guide. In Digital Promise and The Challenge Institute. https://www.challengebasedlearning.org/wp-content/uploads/2019/02/CBL_Guide2016.pdf
Ningsih, E. M., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA E mulyati ningsih, S. budi sartika. (2022). DIKSAINS : Jurnal Ilm. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(01), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/diksains.3.1.1-6
Novitasari, Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Students’ Worksheet Effectivity Ethnomathematics-Based with STEM Approach to Critical Thinking Ability. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 57–66.
Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 44–54. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842
Nurlaili, Afriansyah, D., & Nuri, Y. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Lingkungan Kelas X di SMA Negeri 4 Prabumulih. Jurnal Pena Sains, 4(2), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/jps.v4i2.3209
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255
Prameswari, S. W., Suharno, & Sarwanto. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648
Pratiwi, K. R., Nurmaina, M., & Aridho, F. F. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99–105. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3810
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29029
Rahayu, P., Pangertika, R. R., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 4(1), 385–394. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5901
Rizky, I., & Ardiansyah, A. S. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Challenge Based Learning Terintegrasi STEM. PROSIDING SANTIKA: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN, 344–355. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1407
Rosyid, A., & Mubin, F. (2024). PEMBELAJARAN ABAD 21: MELIHAT LEBIH DEKAT INOVASI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INDONESIA. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.586
Satifa, O., Misliana, & Habibi, M. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Jalo Khas Kampar. Jambura Journal of Mathematics Education, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.37905/jmathedu.v5i1.22306
Shiddiq, J. (2021). INOVASI PEMANFAATAN WORD-WALL SEBAGAI MEDIA GAME-BASED LEARNING UNTUK BAHASA ARAB. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 05(01), 151–169. https://doi.org/https://doi.org/10.33754/jalie.v8i01
Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jtuah.5.1.p.1-10
Sudarsono, S., & Sapriya. (2023). Development Of Web-Based Interactive Game Media Application Wordwall Material Odd Numbers Even Mathematics Subjects Grade II Elementary School. International Conference on Elementary Education, 5(1), 629–639. http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/download/3147/2856
Surayya, S., Patonah, S., & Sumiyatun. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. Journal of Elementary Education, 07(02), 214–222. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22504
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2017.v08.i02.p05
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences ( AI ) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11544
Utami, Y. B. (2023). Etnomatematika “Tabut Bengkulu” Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Gugus 10 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v6i1.28643
Wahyuni, S., & Koesdyantho, A. R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Pada Candi Cetho Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Sinektik, 1(2), 191–207. https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2803
Yoosomboon, S., & Wannapiroon, P. (2015). Development of a Challenge Based Learning Model via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2102–2107. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vivi Anggraini Saputri Azis, Adi Satrio Ardiansyah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.