Pengaruh Model Pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) Berbantuan Aplikasi Geoboard terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Astuti Handayani, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Serang yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) berbantuan media Geoboard lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 5 Serang sejumlah 352 siswa. Sampel penelitian di dapatkan dengan teknik random sampling. Populasi sebanyak dua kelas digunakan sebagai sampel yang dibentuk menjadi dua kelompok, yakni kelas VIII A menjadi kelompok eksperimen dan kelas VIII B menjadi kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian “Post Test Only Control Group Design”. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes uraian yang telah valid dan reliabel serta diuji dengan Uji-t. Bersumber hasil analisis diperoleh bahwa thitung = 3,26797 > ttabel = 1,998971 sehingga H0 ditolak, artinya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Serang yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) berbantuan media Geoboard lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7.

D.P.W. Septiani, M. Juniantari, & I.W.P. Astawa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Berbantuan Media Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 9(1), 12–18. https://doi.org/10.23887/jppmi.v9i1.1510

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417-428.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Hakim, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1087

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Jayeswari, M., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Keruak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 687–695. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1267

Khodijah, S. & Hakim, A.R. (2024). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 56-64.

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Lusyana, E., & Wulandari, S. (2023). RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI PAPAN BERPAKU UNTUK SISWA SISWA KELAS V. Journal Al-Ilmu, 2(3), 1–9.

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Munadliroh, N. H., Chandra, K., & Anggraini, S. (2022). Pengaruh Strategi Learning Start With a Question Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 15, 63–72. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh

Riska Septiani. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran LSQ (Learning Stars With A Question) Berbantu Media Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa. UIN Raden Intan Lampung.

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.

Siregar, N., Siregar, N., & Hasanah, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Program Studi PGSD. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(02), 199–212. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.2773

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.

Sriyanti, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(1), 29–39.

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.

Sulistyo, L. (2020). Pembelajaran LSQ (Learning Stars with a Question) Era Pandemi Covid-19 dengan Media WhatsApp. Senatik, 416–422. http://103.98.176.39/index.php/senatik/article/view/1018

Syafni, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Entrepreneurship Terhadap Etika Bisnis Pelaku Usaha Alumni Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Uin Suska Riau Repository, 30–54.

Syaibah, S., Anwar, A., & Widyawati, E. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Starts with A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1675–1684. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.348

Zahra, D. Y. (2021). Pengaruh Model Learning Start With a Questions (Lsq) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smk Negeri 22 Jakarta. Euclid, 8(2), 124. https://doi.org/10.33603/e.v8i2.3598


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Astuti Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.