Analisis Model Pembelajaran Technology Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Bina Rahayu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar kognitif siswa berdasarkan analisis terhadap model pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran matematika di SMK Bina Rahayu pada kelas XI-3. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui guru yang mengajar di kelas XI-3 SMK Bina Rahayu. Seperti hasil belajar kognitif siswa, serta wawancara mengenai masalah yang diperoleh dengan guru tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis teknologi berdampak positif pada hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar kognitif siswanya yang berada pada rata-rata yang sangat baik. Namun, jaringan internet juga menjadi masalah yang cukup serius.
Keywords
References
Atmaja, I. M. D. (2014). Ethnomatematika Pencipta Lagu dan Kaitannya dengan Materi Pembelajaran Matematika: Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 4(1). Retrived from https://scholar.archive.org/work/l2buj7n6t5fvdirwj3oddhrwyy/access/wayback/htp://oj s.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/viewFile/58/34.
Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher. Tersedia dari Google Cendekia database.
Attard, C., & Holmes, K. (2020). “It gives you that sense of hope”: An exploration of technology use to mediate student engagement with mathematics. Heliyon, 6. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02945
Cahya, I. N., & Ahmadi, M. F. (2020). Keterpaduan Konsep Operasi Bilangan Matematika dalam Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 79-81. Retrived from http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/download/379/354.
Farhan, M., Apriyanto, M. T., Napis, N., & Hakim, A. R. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Analisis Instrumental Tes Bantuan Software Anbuso. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 361-367. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i4.2861
Fitri, S.F.N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, Halaman 1617-1620 Volume 5 Nomor 1. Retrived from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148
Gamit, A. M. (2023). ICT Integration in Elementary School for Mathematics Subject. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(2), 253-268. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.2.24
Harliawan, H. (2015). Penggunaan media pembelajaran berbasis TIK untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 29-40.
Naidoo, J. (2022). Technology-Based Pedagogy for Mathematics Education in South Africa: Sustainable Development of Mathematics Education Post COVID-19. Sustainability, 14(17), 10735. https://doi.org/10.3390/su141710735
Rakes, C. R., Stites, M., Ronau, R. N., Bush, S. B., Fisher, M. H., Safi, F., Desai, S., Schmidt, A., Andreasen, J. B., Saderholm, J., Amick, L., Mohr-Schroeder, M. J., & Viera, J. (2022). Teaching Mathematics with Technology: TPACK and Effective Teaching Practices. Education Sciences, 12(2), 133. https://doi.org/10.3390/educsci12020133
Romadhoni, R. D., Hasanudin C. (2023). Peran Matematika dalam Perkembangan Teknologi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi).
Sari, D. N. & Armanto, D. (2021). Matematika Dalam Filsafat Pendidikan. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika 10(2)(2021): 202-209. Retrieved from https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/10302
Simamora, M.I., dkk (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Techonology-Based Learning (TBL) Terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Siswa SMAS Al-Washliyah. FARABI-Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 06 Nomor 02, pp. 208-212. Retrieved from http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/JMPM/article/view/663/478
Su, Y. S., Cheng, H. W., & Lai, C. F. (2022). Study of Virtual Reality Immersive Technology Enhanced Mathematics Geometry Learning. Frontiers in Psychology, 13, 760418. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.760418
Suryana, C. & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 4, halaman 7317 - 7326. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3485.
Wisnu, Jampel, Pudjawan (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 8 No. (2) pp. 17-32 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU.
Wulandari, dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/26459/15780.
Wulandari, N.P.R, dkk. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 4, Number 2, pp. 131-142. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurul Cinta Joana, Lulu Ilmaqnun, Miftahul Zanah, Risky Marchel Tanjung, Arif Rahman Hakim.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.