Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Cubat (Kerucut, Balok, dan Tabung)

Nabillah Pangesti Rahayu, Adinda Dewi Gita, Farradina Latif, Melinda Dwi Agustina

Abstract


Mengembangkan video stop motion bangun ruang berbasis etnomatematika makanan tradisional yang layak untuk untuk peserta didik SMK. Data kualitatif diperoleh mulai dari wawancara kepada guru SMK untuk memenuhi analisis kebutuhan serta saran dan masukan yang diberikan selama proses pengembangan media pembelajaran. Media yang akan dikembangkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah video stop-motion. Dengan menggunakan media video pembelajaran stop motion mendapatkan banyak manfaat dan kegunaan seperti meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep dasar bangun ruang cubat, meningkatkan kreativitas peserta didik dan minat belajar peserta didik.


Keywords


Pengembangan video stop motion, pembelajaran matematika

References


Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan media video pembelajaran dengan model addie pada materi teknik dasar tendangan pencak silat kelas vii smp negeri 4 sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12-18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934

Course Technology A Part of Cengange Learning.

Dharma Oetomo, Budi Sutedjo dkk. (2007). Pengantar Teknologi Informasi Internet, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/206360/pengantar-teknologi-informasi-internet-konsep-dan-aplikasi

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Farida, L. A., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Sigma, 7(1), 30-39. https://scholar.archive.org/work/7guws5w3hvdnxchy5ptqhn4oqa/access/wayback/http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/download/1209/pdf

Farista, R., & Ali, I. (2018). Pengembangan video pembelajaran. Pengembangan Video Pembelajaran, 1-6. http://eprints.umsida.ac.id/1267/1/ICT%20Video.pdf

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh penggunaan media clock set terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/124

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, J., & Mulyana, M. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757

Karim, A., Andayani, R., Fadilah, R. N., Bebhe, M. M., & Safira, M. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO STOPMOTION ETNOMATEMATIKA CERITA RAKYAT BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 4(2), 307-317. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/729

Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(5), 259-267. https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.5888

Lisgianto, A., & Suhendri, H. (2021). Pengembangan Video Edukatif Volume Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisonal Via Youtube. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 107-116. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1964

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876

Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161-7173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404

Priebe. Ken A. 2011. The Advanced Art of Stop-Motion Animation. Yogyakarta:

Purves, Barry J.C. 2008. Stop Motion Passion. Process And Perfomance, Canada:Elsevier.

Rabiudin, R. (2022). Explaindio Untuk Mendesain Animasi Pembelajaran Interaktif. OSF Preprints. February, 13. https://www.researchgate.net/profile/Rabiudin-Ergouna/publication/359572353_EXPLAINDIO_UNTUK_MENDESAIN_ANIMASI_PEMBELAJARAN_INTERAKTIF/links/6243b5b67931cc7ccf04c1e7/EXPLAINDIO-UNTUK-MENDESAIN-ANIMASI-PEMBELAJARAN-INTERAKTIF.pdf

Rakhmawati, Rosida. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, VII (2), hlm. 221-230. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/37

Rohmah, P. N., Hidayat, S., Pamungkas, A. S., & Wilujeng, H. (2021). Pengembangan video pembelajaran stop motion dengan aplikasi wondershare filmora pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 233-240. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.181

Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21-31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nabillah Pangesti Rahayu, Adinda Dewi Gita, Farradina Latif, Melinda Dwi Agustina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.