Pengembangan Video Animasi Stop Motion Berbasis Etnomatematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas III SD

Hany Shofia, Ade Syfhia Ahzrani, Anggun Nur Pangesti, Nestiana Juin, Abdul Karim

Abstract


Penelitian pengembangan media pembelajaran berupa video stopmotion Etnomatematika pada permainan tradisional Betawi yaitu congklak memiliki tujuan meningkatkan pemahaman peserta didik dalam materi operasi hitung bilangan bulat perkalian dan pembagian kelas III SD. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu R&D (research and development). Model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementastion, Evaluation). Data yang dikumpulkan dalam menganalisis kebutuhan dengan cara mengumpulkan berbagai informasi perihal yang dibutuhkan peserta didik kelas III SD, untuk mengetahui hal tersebut dilakukan dengan cara observasi pada kegiatan pembelajaran matematika dan melakukan wawancara kepada guru matimatika yang mengajar di SD. Uji kelayakan media telah di uji oleh beberapa ahli dinerikannya masukkan serta saran untuk media pembelajaran ini dapat memberi pemahaman yang lebih mendalam terkait materi operasi hitung bilangan bulat konsep perkalian dan pembagian yang merupakan suatu konsep yang harus dikuasai oleh peserta didik.


References


Ascher, M. (1991). Etnomatematika: Pandangan Multikultural tentang Ide-Ide Matematika. Pacific Grove, CA: Brooks/Cole Publishing Company.

Bishop, A. J. (1988). Pendidikan Matematika dalam Perspektif Budaya: Enculturation Matematika. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

D'Ambrosio, U. (1985). Etnomatematika dan Tempatnya dalam Sejarah dan Pedagogi Matematika. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

D'Ambrosio, U. (2001). Etnomatematika: Hubungan Antara Tradisi dan Modernitas. Rotterdam: Sense Publishers.

Humaira, I. (2024). Perancangan Video Animasi Matematika Operasi Bilangan Bulat Positif Dan Negatif Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35298/

Indriani, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 45-56.

Karim, A., Andayani, R., Fadilah, R. N., Bebhe, M. M., & Safira, M. (2024). Pengembangan video stopmotion etnomatematika cerita rakyat bawang merah dan bawang putih pada materi bilangan bulat kelas VII SMP. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 4(2), 307-317. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/729

Knoll, M. (1997). Metode Proyek: Asal Usul Pendidikan Kejuruan dan Pengembangannya Secara Internasional. Journal of Industrial Teacher Education, 34(3), 59-80.

Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Penelitian Pendidikan Matematika Anak Usia Dini: Trajektori Pembelajaran untuk Anak-Anak. New York: Routledge.

Sudrajat, A. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 117-129.

Suparno, P. (2001). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Kanisiu

Wahyuni, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Stop Motion pada Materi Pecahan Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 18(1), 32-41.

Widodo, S., & Sudarmin. (2015). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2, 210-215.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulkardi (2002). Pengembangan Lingkungan Pembelajaran pada Pendidikan Matematika Realistik untuk Guru Prasekolah di Indonesia. Disertasi Doktor. University of Twente.

Zulkardi, & Sembiring, R. K. (2001). Etnomatematika: Perspektif Pendidikan Matematika Indonesia. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 25-35.

Hakim, Arif Rahman. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Clock Set Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(3): 197–202. doi:10.30998/formatif.v3i3.124.

Hakim, Arif Rahman, Ryan Ibnu Hardianto Saputro, Jamaludin, and Mulyana. 2020. “Pengembangan Media Informasi Statistika ( MISTIK ) Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika (58): 419–30. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hany Shofia, Ade Syfhia Ahzrani, Anggun Nur Pangesti, Nestiana Juin, Abdul Karim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.