Pengembangan Alat Evaluasi Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Menggunakan Aplikasi Game Edukasi Wordwall

Chaerunnisa Fillah, Abdul Fatah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan alat evaluasi hasil belajar matematika siswa SMP dengan menggunakan aplikasi game edukasi Wordwall Serta mengetahui kelayakan alat evaluasi hasil belajar matematika. Metode penelitian pengembangan desain pembelajaran yang akandigunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah, yakni: (1) Research and Information colletion, (2) Planning, (3) Develop Preliminary form of Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Product Revision. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa alat evaluasi hasil belajarmatematika menggunakan aplikasi game edukasi wordwall yang dikembangkan sangat valid dengan persentase hasil akhir 82% dari2 validator yaitu ahli materi dan ahli media dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kepraktisan produk menggunakan angket responsiswa pada uji coba skala kecil dan besar dengan hasil persentase82% dan 84% dengan kategori “sangat praktis”.

Keywords


Evaluation, Mathematic, Wordwall.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Chaerunnisa Fillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.