Pengaruh Metode Peer Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Tsania Sindy Afriani, Jaenudin Jaenudin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan memperhatikan cognitive load terhadap kemampuan pemahaman konseptual dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dibatasi dengan hanya membahas dua topik dari kecakapan matematis yaitu pemecahan masalah dan pemahaman konseptual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran model explanative design dengan metode kuantitatif sebagai metode primer dan metode kualitatif sebagai metode sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konseptual dan kecakapan matematis siswa pada kelas yang diberikan perlakuan memiliki capaian lebih baik dari siswa yang tidak diberi perlakuan. Selain itu, pembelajaran dengan model problem based learning dengan memperhatikan beban kognitif siswa dapat menyeragami kemampuan pemahaman konseptual dan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan awal yang rendah, sedang, dan tinggi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tsania Sindy Afriani, Jaenudin.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.