Pengaruh Metode Peer Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Tsania Sindy Afriani, Jaenudin Jaenudin

Abstract


Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan adanya pengaruh metode peer teaching terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan dengan rentang waktu pada bulan Januari-Februari 2024, dengan jumlah sampel 34 siswa kelas XI IPA 8 yang diberikan pembelajaran menggunakan metode peer teaching. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain one-grouppretest-posttest. uji hipotesis diperoleh 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 19,550 dan 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,0345 pada taraf signifikan 𝛼 = 0,05 dan dk = 33, sehingga dapat diambil kesimpulan 𝐻1 diterima bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan metode peer teaching terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Ayi & Ani, (2020) melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus”

Basuki, K.H., Hakim, A.R., Farhan, M. & Tohimin, M.T. (2021). “Pelatihan penyusunan soal berkualitas pada guru matematika di SMP IT Arrahman Jakarta Selatan,” Jurnal Pengabdian Barelang, 03(01), 36–40. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jpkm/article/view/2717/1670

Depi & Devi (2019) dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penrapan Metode Pembelajaran Peer Tutoring dengan Bantuan Media Pembelajaran Buku Saku”

Elisabeth, Samuel, & Wilfridus. (2020). Dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”.

Farhan, M., Apriyanto, M. T., Napis, N., & Hakim, A.R. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Analisis Instrumental Tes Bantuan Software Anbuso. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 361-367. https://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2861/1981

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417-428. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1867

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29-37.

Khodijah, S., Mailizar, & Eva, L. M. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Uswatun Hasanah pada Materi Eksponen dan Logaritma. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 283-290. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/10645/pdf

Sani, A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Silberman, M. (2001). 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yapprndis.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tsania Sindy Afriani, Jaenudin.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.