Pengelolaan Beban Kognitif terhadap Kecakapan Matematis Siswa SMPN 10 Kota Serang
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan memperhatikan cognitive load terhadap kemampuan pemahaman konseptual dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dibatasi dengan hanya membahas dua topik dari kecakapan matematis yaitu pemecahan masalah dan pemahaman konseptual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran model explanative design dengan metode kuantitatif sebagai metode primer dan metode kualitatif sebagai metode sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konseptual dan kecakapan matematis siswa pada kelas yang diberikan perlakuan memiliki capaian lebih baik dari siswa yang tidak diberi perlakuan. Selain itu, pembelajaran dengan model problem based learning dengan memperhatikan beban kognitif siswa dapat menyeragami kemampuan pemahaman konseptual dan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan awal yang rendah, sedang, dan tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basuki, K.H., Hakim, A.R., Farhan, M. & Tohimin, M.T. (2021). “Pelatihan penyusunan soal berkualitas pada guru matematika di SMP IT Arrahman Jakarta Selatan,” Jurnal Pengabdian Barelang, 03(01), 36–40.
Buchner, J. (2022). The impact of augmented reality on cognitive load and performance: A systematic review.
Creswell. (2005). Mixed methods research designs in counseling psychology. Journal of Counseling Psychology, 224-235.
Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417-428. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1867
Fasha, E. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Mathematics in Context Pada Kemampuan Dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT).
Hendrayana, A. (2018). Mengatasi Cognitive load Pada Anak. FKIP Untirta Publishing.
Hendriana, S. (2018). The Role of Problem-Based Learning to Improve Students' Mathematical Problem-Solving Ability and Self Confidence. Journal on Mathematics Education, 9.
Khodijah, S., Mailizar, & Eva, L. M. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Uswatun Hasanah pada Materi Eksponen dan Logaritma. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 283-290. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/10645/pdf
Kilpatrick, J. (2001). Understanding mathematical literacy: The contribution of research. Springer, 101-116.
Sugiyono, (2012).“Statistika Untuk Penelitian”. Bandung: Bandung: Alfabeta.
Syukriani, A. (2016). Kompetensi strategis siswa SMA berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Prosiding.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Melda Juana, Aan Hendrayana.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.