Pengaruh Metode Resitasi terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Nurhayati Nurhayati, Nurul Hikmah, Intan Wulandari

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode resitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik, pada peserta didik kelas XI SMKS Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal valid. Pengujian persyaratan analisis data terdiri dari uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Hasil pengujian kedua data tersebut menunjukkan data normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan berdasarkan perhitungan uji-t menunujukan Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga diketahui bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika yang menggunakan metode resitasi dengan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menggunakan metode eksperimen. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah terdapat pengaruh metode resitasi dengan kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode Resitasi dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dapat diterapkan oleh pendidik.


Full Text:

PDF

References


Anwari, M. A. (2018). PA: Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Porong Sidoarjo) (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Dinata, K. B. (2019). Problematika membangun pemahaman konsep geometri transformasi mahasiswa pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Kotabumi tahun akademik 2019/2020. Eksponen, 9(2), 01- 09.

Kasmir, K. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode resitasi dengan media gambar pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi tumbuhan di kelas VIII-1 semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal pendidikan dan pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 340-350.

Rachman, D., & Kartika, W. (2020). Pengaruh Perputaran Persediaan Dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Pt Bozzetto Indonesia Periode Tahun 2001-2017. Akurat| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 11(2), 91-105.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S., (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Pada Materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Jurnal of Mathematics Education, 4(1)

Yusuf Aditya, Dedy. (2016), Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Yusuf, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. PENDAIS, 3(1), 63-79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhayati Nurhayati, Nurul Hikmah, Intan Wulandari.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.