Penerapan Desain Pembelajaran Model ASSURE dalam Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMKS Al Wahyu Jakarta

Annisa Fitri Wulandari, Destiana Anugrah Putri, Indah Rusmarhadi, Karisma Agustia

Abstract


Pendidikan bertujuan untuk membantu anak-anak menjadi individu yang berkualitas, berkontribusi positif bagi masyarakat, dan mencapai kehidupan yang bermakna dan bahagia. Dalam hal ini pentingnya pendidikan dalam membentuk individu yang berdaya, bertanggung jawab, dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam menganalisis data dan metode yang digunakan adalah kualitatif. Dari hasil penelitian,fakta kenaikan perolehan nilai sebesar 1,49% dari sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa media microsoft powerpoint dan games yang telah dibuat oleh peneliti memiliki kriteria yang baik dan berhasil dikembangkan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan mudah. Dari desain model pembelajaran ASSURE, terdapat beberapa langkah kunci yang perlu dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar. Langkah-langkah tersebut melibatkan analisis karakter siswa, penetapan kompetensi, pemilihan metode, media, dan bahan ajar, pemanfaatan bahan ajar, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta evaluasi dan revisi.


Keywords


Penerapan Model ASSURE, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel; Pembelajaran Matematika di SMK.

Full Text:

PDF

References


BachtiarA. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran ASSURE terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 455-467. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1200

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order thinking Skills dalam pembelajaran matematika di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36-

https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Efendi, N., Fitria, Y., & Farida, F. S.(2019). Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3, 882-893. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. ttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/124/120

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, J., & Mulyana, M. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116-119. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/87

Suharni, L. T. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran dengan Model Assure pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 978-982. ttps://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.193

Usman, P. M., Tintis, I., & Nihayah, E. F. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664-674. ttps://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1990

Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematik dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.437


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023. Annisa Fitri Wulandari, Destiana Anugrah Putri, Indah Rusmarhadi, Karisma Agustia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.