Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V SDN Cibarusah Jaya 05

Nurul Fauziyah, M Tohimin Apriyanto

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi operasi hitung pecahan siswa kelas V di SDN Cibarusah Jaya 05, karena pentingnya keterampilan pemecahan masalah dalam pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan penerapan metode pemecahan masalah Polya untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu memahami masalah, merencanakan solusi, melaksanakan rencana, dan menafsirkan hasil. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan sampel bertujuan (purposive sampel). Penelitian ini memberikan analisis rinci dari setiap kinerja siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah dan juga dilakukan wawancara dengan siswa guna memvalidasi hasil penelitian. Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah 25 siswa di kelas V SDN Cibarusah Jaya 05 diperoleh sebanyak 44% siswa mempunyai kemampuan pemecahan masalah pada kelompok “Tinggi”, 16% siswa mempunyai kemampuan pemecahan masalah pada kelompok “sedang”, 40% siswa mempunyai kemampuan pemecahan masalah pada kelompok “Rendah”.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Operasi Hitung Pecahan; Pembelajaran Matematika Tingkat SD.

Full Text:

PDF

References


Buku

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

R. A. Fadhallah. (2021). Wawancara. UNJ PRESS. https://books.google.co.id/books?id=rN4fEAAAQBAJ

Imam Gunawan, S. P. M. P. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=AqSAEAAAQBAJ

Purnomosidi, Wiyanto, Safiroh, D., & Ida Gantiny. (2018). Buku Siswa Senang Belajar Matematika SD/MI Kelas V / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jurnal Ilmiah

Aisyah, P. N., Nur Khasanah, S. U., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 1025–1036. https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9524

Astiana, Y., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 54–59. https://doi.org/10.30653/003.202171.143

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Ermayani, L., Suarjana, I. M., & Parmiti, D. P. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 9. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19325

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hajar, M. S., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kesalahan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTs. Jurnal On Education, 01(02), 99–104. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/35

Hamimah. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Acamedia, 1(1), 1–8.

I Made, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417

Imaroh, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SD kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 87–96. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3167

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D

Marlina, L. (2013). Penerapanlangkah Polya Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Persegipanjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 45–54. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/102

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau Dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 21–38. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/download/3267/2335

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78

Wati, R. W., & Sary, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 1(2), 378–386. https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/394

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Fauziyah, M. Tohimin Apriyanto.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.