Analisis Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Materi Perpangkatan

Salim Amri, Selvia Erita

Abstract


Hasil belajar adalah suatu tolak ukur untuk melihat berhasilnya siswa dalam memahami materi sesudah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Pada materi perpangkatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 10 Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh masih sangat banyak siswa yang belum memahami materi perpangkatan sehingga dari 8 siswa hanya 1 siswa yang memperoleh hasil sangat baik.

Keywords


Analisis, Hasil Belajar Matematika; Pembelajaran Matematika Materi Perpangkatan.

Full Text:

PDF

References


Agustina, S., & Patimah, S. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan di Kota Cimahi. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 201–208. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.3835

Batubara, N. F., & Sutirna. (2023). Analisis Hasil Belajar Matematika Kelas IX Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 167-178. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/5374/3134

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M ATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417-428. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1867

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

Idaryani. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Group Tuornament (TGT) Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Calang Tahun Pelajaran 2020/2021. Aceh Edukasi: Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Imdonesia (IGI), 2(3), 41-57. https://jurnal.igiaceh.or.id/index.php/jae/article/view/23/7

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Mukarramah, M. (2017). Deskripsi Pemahaman Matematika Siswa tentang bentuk Pangkat dan Akar di Kelas X Madrasah Aliyah Pesantren An-Nahdlah Layang Makassar. Pascasarjana.

Nuraini, I., & Afifurrahman, A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Kuadrat. Journal of Math Tadris, 3(2), 15–31. https://doi.org/10.55099/jmt.v3i2.89

Paba, N. G., Wahyuningsi, W., Prasetyo, E., & Rusdin, M. E. (2020). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa di SMK Negeri 1 Maumere. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2), 108. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.7745

Permatasari, R., Arifin, M., & Padilah, R. (2021). Studi Deskriptif Dampak Psikologis Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 1–14. https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/64/258

Pujilestari, P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sma Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(1), 226–232. https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.264

Ritonga, T. A. (2023). Pengaruh Metode Math Magic Way Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat di Kelas VII MTs Al-Ahliyah Aek Badak. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Sarumaha, W. F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas IX di SMPS Kristen BNKP Telukdalam Ta. 2022/2023. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12–26. https://doi.org/10.57094/afore.v2i2.1101

Singkam, A. R., Sumardi, H., & Fata, R. (2022). Pemetaan Ketercapaian Materi Matematika Tingkat SMP Se-Provinsi Bengkulu Per-Indikator dan Wilayah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 22–34. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/20901/9790

Tiakur, N., Materi, P., Dan, P., Okololy, Y., Ratumanan, T. G., & Moma, L. (n.d.). Peningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas Ixa Smp Bentuk Akar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Increase the Learning Outcomes of Students of Class Ixa Junior High School 2 Tiakur on the Material of Attachment and Root Form By . 1–12.

Yukentin, Y., Munawaroh, M., & Winarso, W. (2018). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 163–168. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2700


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salim Amri, Selvia Erita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.