Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Kartu pada Materi Matriks Di SMA Negeri 72 Jakarta

Anggi Nur A'ini Inayah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran Card of Matrix (COM) yang berbasis permainan kartu (Card Games) sebagai upaya mengembangkan kemampuan pemecahan matematis peserta didik pada materi Matriks. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian research and development dengan menggunakan model ADDIE melalui tahapan Analysys, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian kami adalah peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 72 Jakarta. Pengambilan data dihasilkan melalui instrumen berupa pedoman observasi, analisis angket kebutuhan peserta didik, wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran Card of Matrix (COM) berhasil dikembangkan dengan baik dan dapat menjadi fasilitas media pembelajaran dalam kegiatan belajar di kelas.

Keywords


Pengembangan Media, Permainan Kartu, Pembelajaran Matriks di Kelas XI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anggi Nur A'ini Inayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.