Analisis Minat dan Kendala Pembelajaran Matematika di SMA Ibnu Hajar Boarding School: Perspektif Guru dan Murid

Annisa Safitri, Byrlian Muthezar, Firdhausa Azzahro, Sheilla Damayanti

Abstract


Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Ibnu Hajar Boarding School, berdasarkan perspektif guru dan murid. Melalui wawancara dengan guru matematika dan siswa, ditemukan beberapa kendala utama, seperti kesulitan dalam memahami materi, kurangnya minat siswa, serta metode pengajaran yang cenderung monoton. Guru menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran terbatas pada buku pelajaran. Di sisi lain, murid menginginkan penjelasan rinci dan contoh soal yang mengasah otak, serta keterkaitan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi kendala ini, diperlukan variasi dalam metode pengajaran, pemanfaatan media pembelajaran yang lebih beragam, dan terus mendorong motivasi siswa. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam matematika. 

References


Aftriyati, L. W., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa Sma Pekanbaru Pada Materi Spltv. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 16(2), 226-240.

Anggraini, V., Delyana, H., & Sari, I. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1231-1240.

Ernawati, E., Nurhayati, L., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa sma pada materi program linier berbantuan aplikasi geogebra. Journal on Education, 2(1), 1-8.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.

Hamidah, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar siswa SMA Kelas XI pada materi matriks. Journal on Education, 1(2), 457-463.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Safitri, Byrlian Muthezar, Firdhausa Azzahro, Sheilla Damayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.