Pengembangan Alat Peraga Kotak Matriks untuk Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA di SMAN 11 Kabupaten Tanggerang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afid, dkk (2023). Eksistensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD 43 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 9-13. https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/1981
Afnisa, S. (2022). Mutu Pendidikan di Indonesia. www.kabarpendidikan.id
Hakim, A. R. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari sikap dan komitmen diri peserta didik pada pelajaran matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1892/1473
Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691
Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174
Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin,. & Mulyana., (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757
Han, W., & Abdrahim, N. A. (2023). “The Role Of Teachers” Creativity In Higher Education: A Systematic Literature Review And Guidance For Future Research”. Thinking Skills and Creativity. 48, 101-302. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101302
Handayani, S.L.W,. & Sugiman. (2019). Media gambar untuk meningkatkan daya tarik siswa kelas 1c slbn salatiga dalam belajar matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 349-354. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28951
Juandi., Firdaus., & Oktaviana, D.(2020). Pengembangan alat peraga papan perkalian berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. EMTEKA:Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 95-104. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/580/309
Khotimah, S.H., & Risan. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/viewFile/17108/10259
Malasari, N. dan Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196
Mariyah., Aprinastuti, C., & Anggadewi, B.E.T. (2017). Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 240-250. http://jurnal.unissula.ac.id
Mubarok, R. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131-146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Nurliastuti, N., dkk. (2018). Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 01, 100-104. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nomleni, F.T., & Manu, T.S.N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1408/964
Rahmatullah, & Hidayat, W. (2021). Peran pengelolaan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah di SMPN 2 Parepare. Jurnal Pendidikan Islam AL-ISHLAH, 19(2), 143-170. https://doi.org/10.35905/alishlah.v19i2.2025
Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga BACALA (bangun datar, pecahan, labirin) untuk pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116
Tiara, Z., D., Supriyadi, D., & Martini, N. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 450-456. http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i1.776
Valez-Juárez, L. E., & García Pérez-de-Lema, D. (2023) “Creativity And The Family Environment, Facilitators Of Self-Efficacy For Entrepreneurial Intentions In University Students: Case ITSON Mexico”. The Internasional Journal of Management Education. 21(1), 100-764. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100764
Yolanda, R., (2022) Pemahaman Siswa Kelas III Pada Pelajaran Matematika Keliling Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret Di MIN 2 Bandar Lampung. SKULA : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(2), 407-412. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sulistiya Novianti, Umi Koiriyah, Mega Erba Resti, Ummi Khoridatul Zannah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.