Pengembangan Alat Peraga Kotak Matriks untuk Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA di SMAN 11 Kabupaten Tanggerang

Sulistiya Novianti, Umi Koiriyah, Mega Erba Resti, Ummi Khoridatul Zannah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk memecahkan rumusan masalah apakah alat peraga KOMAT “Kotak Matriks” memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi matriks. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif yang menggunakan Subjek sebanyak 38 orang siswa kelas XI SMAN 11 Kab Tanggerang yang berlokasi di Jl. K.H. Hasyim Ashari No.KM.1, Rw. Kec. Sepatan, Kabupaten Tanggerang, Banten, Jawa Barat. Penelitian jenis research and development ini menggunakan model ADDIE melalui tahapan: Analysys, Design, Development, Implementation, Evulation. Untuk mengetahui seberapa pengaruh keefektifan alat peraga membantu siswa dalam pembelajaran pecahan, bisa dengan cara melihat hasil belajar sebelum menggunakan alat peraga sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga. Hasil penelitian ini dapat dikatakan berpengaruh jika sesudah menggunakan alat peraga siswa dapat memiliki nilai lebih tinggi dari sebelumnya serta dikatakan penggunaan Alat peraga memiliki kemampuan dan keefektifan pada hasil belajar siswa. Alat peraga memberikan pengaruh sekitar 23% untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas XI pada materi matriks

Keywords


Pengembangan, Alat Peraga Kotak Matriks; Pembelajaran Matematika Tingkat SMA.

Full Text:

PDF

References


Afid, dkk (2023). Eksistensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD 43 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 9-13. https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/1981

Afnisa, S. (2022). Mutu Pendidikan di Indonesia. www.kabarpendidikan.id

Hakim, A. R. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari sikap dan komitmen diri peserta didik pada pelajaran matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1892/1473

Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin,. & Mulyana., (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757

Han, W., & Abdrahim, N. A. (2023). “The Role Of Teachers” Creativity In Higher Education: A Systematic Literature Review And Guidance For Future Research”. Thinking Skills and Creativity. 48, 101-302. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101302

Handayani, S.L.W,. & Sugiman. (2019). Media gambar untuk meningkatkan daya tarik siswa kelas 1c slbn salatiga dalam belajar matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 349-354. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28951

Juandi., Firdaus., & Oktaviana, D.(2020). Pengembangan alat peraga papan perkalian berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. EMTEKA:Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 95-104. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/580/309

Khotimah, S.H., & Risan. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/viewFile/17108/10259

Malasari, N. dan Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196

Mariyah., Aprinastuti, C., & Anggadewi, B.E.T. (2017). Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 240-250. http://jurnal.unissula.ac.id

Mubarok, R. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131-146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Nurliastuti, N., dkk. (2018). Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 01, 100-104. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nomleni, F.T., & Manu, T.S.N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1408/964

Rahmatullah, & Hidayat, W. (2021). Peran pengelolaan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah di SMPN 2 Parepare. Jurnal Pendidikan Islam AL-ISHLAH, 19(2), 143-170. https://doi.org/10.35905/alishlah.v19i2.2025

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga BACALA (bangun datar, pecahan, labirin) untuk pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116

Tiara, Z., D., Supriyadi, D., & Martini, N. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 450-456. http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i1.776

Valez-Juárez, L. E., & García Pérez-de-Lema, D. (2023) “Creativity And The Family Environment, Facilitators Of Self-Efficacy For Entrepreneurial Intentions In University Students: Case ITSON Mexico”. The Internasional Journal of Management Education. 21(1), 100-764. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100764

Yolanda, R., (2022) Pemahaman Siswa Kelas III Pada Pelajaran Matematika Keliling Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret Di MIN 2 Bandar Lampung. SKULA : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(2), 407-412. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sulistiya Novianti, Umi Koiriyah, Mega Erba Resti, Ummi Khoridatul Zannah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.