Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menjawab Soal Pada Materi Bentuk Akar

Iftisan Sundari Mayuri Putri, Selvia Erita

Abstract


Kesulitan yang dialami oleh siswa dalam memahami matematika, bisa disebabkan oleh fakta bahwa siswa seringkali tidak membangun pemahaman konsep-konsep matematika secara mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan konsep siswa dalam menjawab soal bentuk akar kelas X SMAN 3 Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 3 Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh masih sangat banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bentuk akar, kesalahan-kesalahan tersebut meliputi kesalahan konsep, kesalahan memaknai soal, dan kesalahan dalam melakukan langkah penyelesain soal..

Keywords


Analisis; Bentuk Akar; Kesalahan Konsep; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Albadawi, M. H., Zulfa, H., & Sumani, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMAN I Rejotangan pada Materi Bentuk Akar dan Solusi yang Ditawarkan. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 77–96.

Aprilia, A., & Fitriani, D. N. (2020). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika ynag Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elementary Education, 1(2), 373–377.

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2021). Investigasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Cacah: Kasus Pada Kesalahan Prosedural Dan Kesalahan Konsep. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–86.

Dwi Maharani, F., & Yuliani, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMK LLPM Padalarang dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Akar. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1221–1230.

Islami, F. N., Putri, G. D., & Nurdwiandari, P. (2018). Kemampuan Fluency, Flexibility, Orginality, dan Self Confidence Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 249.

Muqtada, M. R., Krisma, D. A., & Pradanti, P. (2022). Analisis Kesalahan Konstruksi Konsep Siswa Kelas X pada Materi Operasi Bentuk Akar. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 141–154.

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681.

Phibeta, T., & Wijayanti, P. (2022). Miskonsepsi Peserta Didik SMP Pada Materi Bentuk Akar Dengan Menggunakan Instrumen Four-Tier Test. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 606–619.

Pratama, E. A., & Ariyanto. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajar 2017/2018. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2018, hlm 2-8.

Pujilestari, P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sma Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(1), 226–232.

Rahma, S., Efendy, R., Herawaty, H., & Matematika, T. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Perpangkatan Dan Bentuk Akar Berdasarkan Teori Nolting Di Kelas IX Ponpes Al-Ikhlas Addary MTs DDI TAKKALASI. JURNAL PRINSIP Pendidikan Matematika, 4.

Sari, S. I., & Pujiastuti, H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Kastolan. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(22), 21–29.

Shafwan, V. A., Putri, D. H., Arifiyah, I., Novallina, M., & Rifdan, M. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD/MI Hidyatul pada Materi Pecahan. HIMPUNAN:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 89–94.

Sukmana, E. I., & Arhasy, H. E. A. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kawali Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 176–186.

Sulistyarini, D. A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMK Citra Medika Sukoharjo dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Akar dan Alternatif Pemecahannya. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP), Knpmp I, 605–614.

Utami, R. W., Endaryanto, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 188.

Wahyuni, T. N., Yusmin, E., Suratman, D., Akar, B., & Siswa, K. (2016). Miskonsepsi siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk akar di kelas X SMKN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(11), 1–16.

Yusuf, I. M., Kadarisma, G., & Rosyana, T. (2023). Analisis Kesulitan Siswa SMK Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Materi Logaritma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 1805–1812.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iftisan Sundari Mayuri Putri, Selvia Erita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.