PENGGUNAAN DIKSI DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII DI SMP-IT ATTAQWA PUSAT

Hana Nailul Wafa, Maguna Eliastuti, Reni Rokhayati

Abstract


Abstrak

Tujuan Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Penggunaan Diksi dalam Karangan Deskripsi siswa kelas VII SMP-IT ATTAQWA Pusat. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis diksi ini menggunakan analisis deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif tentang penggunaan diksi yang terdapat dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMPIT ATTAQWA Pusat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dengan teknik catat. Tahapan analisis yang digunakan yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMP-IT ATTAQWA Pusat ditemukan syarat ketepatan diksi yang meliputi penggunaan diksi kata khusus 55 temuan setara 27,2%, kata konkret 47 temuan setara 23,3%, makna denotasi 33 temuan setara 16,3%, bersinonim 29 temuan setara 14,4%, kata umum 27 temuan setara 13,4%, makna konotasi 9 temuan setara 4,5% dan kata asing 2 temuan setara 0,1%.

Kata Kunci: Penggunaan Diksi, Karangan Deskripsi, Penggunaan Diksi Karangan Deskripsi

Abstract

The purpose of this study was to analyze the use of diction in essay descriptions for class VII students of SMP-IT ATTAQWA Pusat. The research method used to analyze this diction using descriptive analysis aims to objectively describe the use of diction contained in the descriptive essays of class VII students at SMP-IT ATTAQWA Pusat. Data collection was carried out using the documentation method with note-taking techniques. The stages of analysis used are through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study show that in the descriptive essays of class VII students at SMP-IT ATTAQWA Pusat, it was found that the accuracy of diction was found which included the use of special diction words 55 findings equivalent to 27.2%, concrete words 47 findings equivalent to 23.3%, denotation meanings 33 findings equivalent to 16, 3%, synonymous 29 findings equivalent to 14.4%, common words 27 findings equivalent to 13.4%, connotative meanings 9 findings equivalent to 4.5% and foreign words 2 findings equivalent to 0.1%.

Keywords: Use of Diction, Description Essay, Use of Description Essay Diction 


Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Z. dan Tasai, S.A. (2015). Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian. Tangerang: Pustaka Mandiri. H.P Achmad, Alek. (2016) Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi; Subtansi Kajian dan Penerapannya. Jakarta: Erlangga. Prasetyo, D. N., Suharto, V. T., & Meikayanti, E. A. (2018). Analisis diksi dan gaya bahasa pada baliho kampanye pemilu di Kabupaten Magetan tahun 2018. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 76-83. Putrayasa, I. B. (2014). Kalimat efektif . Bandung: PT Refika Aditama Siddik, Mohammad. (2016). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapannya. Malang: TUNGGAL MANDIRI PUBLISHING Widjono. (2012) Bahasa Indonesia mata kuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi. Jakarta:PT grasindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i2.9358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.