KESALAHAN EJAAN PADA BUKU ANTALOGI CERPEN ANAK-ANAK PINGGIRAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Risky Yulia Nur, Ifran Nurtriputra

Abstract


Penelitian ini menganalisis kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam buku antalogi. Tujuan penelitianuntuk mengidentifikasikan dan menginterprestasikan adanyakesalahan jaan pada bukuantalogi cerpenAnak-Anak Pinggiran dan implikasinya terhadap pembelajaranBahasa Indonesia.Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deksriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian tentang kesalahan penggunaan ejaan pada buku antalogi cerpen Anak-Anak Pinggiran, dengan urutan pertama, yaitukesalahan penggunaan huruf kapital sebanyak 28 temuan dengan presentase31%; urutan kedua yaitu kesalahan ejaan penulisan huruf miring sebanyak 20 temuan dengan presentase22%; urutan ketiga yaitukesalahan ejaan penulisan imbuhan sebanyak 20 temuan dengan presentase 22%;dan urutan terkahir ada kesalahan ejaan penulisan kata sebanyak 22 temuandengan presentase 25%. Berdasarkan temuan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa kesalahan yang paling banyak ditemukan pada buku anatalogi cerpen Anak-Anak Pinggiranyaitu kesalahanpenggunaan huruf kapital, dengan kesalahan berupa penggunaan huruf kapital pada awal kalimat.

Keywords


Kesalahan ejaan, buku antalogi, cerita pendek.

References


Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Ahmad, S. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Dalman. 2016. Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gantamitreka, Shokha. 2016. Kesalahan Berbahasa Penggunaan EYD. Solo: Genta Smart Publisher.

Ismawati, E., Umaya, F. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Ombak

Kasriani. (2021). Analisis Kesulitan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriktif Peserta Didik Kelas IV SD Minasa Upa : Skripsi. Makasar : Univesritas Muhamadiyah Makasar.

Kosasih. 2017. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta. Kemendikbud.

Kosasih. 2017. Jenis-jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Lianawati. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pusat Kajian Bahasa.

Masba, H. M. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Skripsi Mahasiswa Bidang Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Muhamadiyah Makasar. Skripsi. Makasar : Universitas Muhamadiyah Makasar.

Miftahudin, A. (2014). Analisis Penggunaan Kata Baku dalam Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII SMPN Lebak Bulus Jakarta : Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulya, N. P. 2018. Pesan Dakwah Melalui Lirik Lagu Sepohon Kayu (Analisis

Semiotika Ferdinand De Saussure) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau. Diakses pada 24 Januari 2023 dari https://repository.uir.ac.id/3522/6/bab3.pdf

Munaroh, M., Rosalina, S. 2023. Analisis Kesalahan Ejaan dalam Menulis Teks

Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cilebar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 216-228. Diakses pada 19 Januari 2023 dari

http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3039

Nurhayati, A. (2012). Analisis Kata Berimbuhan dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Nusantara Legoso Ciputat Tanggerang : Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurjanah, S. 2019. Super Coach Pola Belajar Siswa Mandiri Bahasa Indonesia.

Bandung. Yrama Widya

Qhadafi, M. R. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4), 1-20. Diakses pada 19 Januari2023 dari

https://core.ac.uk/download/pdf/289713947.pdf

Ruminto, P. (2016). Analisis Kesalahan Kata Berimbuhan dalam Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Tanggerang : Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Soebachman, A. (2014). 4 Hari Mahir Menulis Artikel, Cerpen, Novel, Skripsi.

Yogyakarta: Syura Media Utama.

Stanton, R. 2012. An Introduction to Fiction. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syahroni, A. 2016. Analisis Keslaahan Berbahasa dalam Surat Resmi Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Se- Universitas Jember. Skripsi: Jember: Universitas Jember.

Winata, N. T. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Media Massa Daring (detikcom). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 115-121. Diakses 25 Januari 2023 dari https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/52




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v4i1.9296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.