ANALISIS PENGGUNAAN INTONASI, PEMINDAHAN PREDIKAT, DAN OBJEK DALAM VIDIO EDUKASI PADA AKUN YOUTUBE MAUDY AYUNDA

Mutiara Halimatu's Sadiyah

Abstract


Menggunakan Bahasa yang tepat dan benar dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang sulit diterapkan di era modern. Berbahasa yang baik juga berarti memakai intonasi yang tepat pada setiap percakapan di muka umum. Diadakannya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan intonasi yang dilakukan oleh seorang selebriti yang terkenal akan kecerdasannya hingga mampu menembus perkuliahan di Harvard University Amerika, yakni Maudy Ayunda. Pada vidio yang berjudul Pentingnya Pendidikan: Membebaskan Pikiran dan Kreasi Diri, Maudy membuktikan kemampuannya dalam berbahasa Indonesia sehingga tidak hanya berfokus pada penggunaan intonasi, penelitian ini juga mengkaji pemindahan predikat dan objek dalam setiap kalimat yang diucap Maudy Ayunda pada vidio tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptip kualitatif dengan Teknik observasi terhadap vidio pada akun youtube milik Maudy Ayunda. Hasil dari penelitian ini berupa penemuan yang terkait dengan fokus intonasi Maudy Ayunda dalam berbicara, serta pemindahan predikat dan objek dalam susunan kata yang diucapkan Maudy Ayunda.


Keywords


Fokus Intonasi, Pemindahan Predikat, Pemindahan Objek

Full Text:

PDF

References


Afrianti, Susi Herti. (2015). Analisis uji persepsi: intonasi kalimat perintah bahasa indonesia oleh penutur bahasa jepang. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, vol.XV: 445-Article Text-962-1-10-20160407.

Ayunda, Maudy. (2023, Maret 23). Pentingnya Pendidikan: Membebaskan Pikiran dan Kreasi Diri [vidio]. Youtube. https://youtu.be/YkDZBWVw9Ng.

Chaer, Abdul. (2012). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mubin, Ilham Saiful., & Laksman-Huntley, Myrna. (2021). Intonasi tuturan deklaratif dan interogatif bahasa indonesia oleh pemelajar korea. Jurnal Ilmu Budaya, vol.9, https://doi.org/10.34050/jib.v9i2.14391.

Nasirudin, Muhammad., Aibonotika, Arza., & Yohani, A.M. (2022). Analisis kesalahan intonasi darou pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa jepang universitas riau. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, vol.8, https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i2.44175.

Sintaksis (Komponen dan Struktur), (https://osf.io/preprints/a2juk/).




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i2.8712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.