PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PEMBELAJAR SMP NEGERI 22 DEPOK

Yayan Sudrajat, Irham Ramdani, Ferdian Arisandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri 22 Depok terdapat pengaruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Survey. Teknik penelitian yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 36 siswa. Hasil Penelitian uji Pearson Product Moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 0,266 < 0,880 > 0,345. Karena π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” β‰₯ π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ maka 𝐻0 ditolak. Alasannya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan google classroom dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa.

Keywords


Google Classroom; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Sudijono. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bloom, B. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jalinus, N. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Hamalik. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Simarmata. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Trnasformasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Iskandar, A., & dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.

Corbyn, Gregory. 2019. Google Classroom: 99 Ideas How To Use Google Classroom Effectively. The Ultimate Guide To Learn Google Classroom. Independently Published.

Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MAN 1 Kota Tenggerang. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41841

Afrianti, Wahyuni Eka. 2018. Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Akuntansi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6173

Arnanto & Triyono. (2014). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Internet di SMK Se-Kota Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/2557

Arnesi & Hamid. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/3284

Hikmatiar, Sulisworo, & Wahyuni. (2020). Utilization of Google classroom Based Learning Management System in Learning. Jurnal Pendidikan Fisika. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/3019

Khairunnisa, Hakam & Amaliyah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBAWY: Indonesia Journal of Islamic Education. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/13333

Maharani & Kartini. (2019). Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/9432

Pradana, Diemas Bagas Panca dan Harimurti, Rina. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Base. Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT- Edu Universitas Negeri Surabaya.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it- edu/article/download/20527/18815/

Hakim, Abdul Barir. 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo.

https://adoc.pub/efektifitas-penggunaan-e-learning-moodle-google- classroom-da.html

Pradana, dkk. 2017. Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu. Vol.02, No.01. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20527




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i1.8574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, IndonesiaΒ | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail:Β kampus@unindra.ac.id

Β 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.