PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI ERA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII MTS. MUHAMMADIYAH 1 DEPOK
Abstract
Tujuan penelitian Untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar di Era Pandemi terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah metode survei untuk mengambil data Pengaruh Lingkungan Belajar di Era Pandemi dengan cara memberikan angket dan memberikan tes kepada siswa terhadap kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Depok. Data pengaruh lingkungan belajar berdistribusi normal karena X2hitung ≤ X2tabel atau 11, 9568 ≤ 12,592. Dan untuk nilai kemampuan menulis narasi siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Depok adalah baik, data kemampuan menulis narasi berdistribusi normal karena X2hitung ≤ X2tabel atau 10, 367 ≤ 12,592. Pengaruh lingkungan belajar dengan kemampuan menulis narasi siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Depok dengan nilai koefisiensi korelasi menggunakan rumus pearson product moment 0,83 artinya bahwa tingkat pengaruh antara variabel pengaruh lingkungan belajar dan variabel kemampuan menulis narasi sangat kuat. Sedangkan uji hipotesis diperoleh angka bahwa thitung > ttabel artinya signifikan berdasarkan perhitungan signifikan korelasi ternyata thitung > ttabel atau 10,607 > 1,671 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan belajar di era pandemi terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah 1 Depok.
Kata Kunci : Pengaruh lingkungan belajar, teks narasi
Full Text:
PDFReferences
Samosir & Haryati (2016). Menulis (Pertama). Tangerang: PT Pustaka Mandiri
Hapsari, S. n. , & Ahmad, M. G., & Fatimah, & Nafilah, I. (2019). Model teori sastra. Jakarta: Unindra Press.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Felasopa, S. (2019). Jurnal Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Terhadap Hsil Belajar Siswa. Retrieved from https://www.scribd.com/document -
Andriyanto, M.(2021). Masa Pandemi: Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from https://disdikpora.bulelengkab.go.id/
Pandemi Covid-19 di Indonesia, (2022). Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19_di_Indonesia
Sharum, S. (2014). Metodelogi Penelitian. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.
DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i2.7548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.