PENGARUH MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH KEJURUAN IT NURUL ILMI KARAWANG
Abstract
menulis naskah drama. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui penelitian kuantitatif
dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Dalam metode eksperimen ini, siswa dibagi
menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan data yang
diperoleh selama penelitian. Setelah peneliti meneliti pengaruh media film pendek terhadap
kemampuan menulis naskah drama, akhirnya peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa (1) uji
normalitas data menulis naskah drama menggunakan media film pendek kelas eksperimen (X1 )
dengan teknik Chi-Kuadrat diperoleh 2,63334 ≤ 9,48773 maka data menulis naskah drama
menggunakan media film pendek kelas eksperimen (X1 ) berdistribusi normal kemudian, uji
normalitas data menulis naskah drama tanpa menggunakan media film pendek kelas kontrol (X2 )
diperoleh hasil 6,161 ≤ 11,070, maka data menulis naskah drama tanpa menggunakan media film
pendek kelas kontrol (X2 ) berdistribusi normal. (2) uji homogenitas dalam penelitian ini diperoleh
hasil 2,344 < 5,19 atau < yang berarti data homogen. (3) perhitungan hipotesis
penelitian > berarti 12,9 n> 2,018 maka ditolak, artinya terdapat pengaruh
media film pendek terhadap kemampuan menulis naskah drama XI Sekolah Menengah Kejuruan IT
Nurul Ilmi Karawang.
Kata Kunci: Media film pendek, menulis, naskah drama
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.
Kodir, A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Samosir, A., & Haryanti, A. S. (2016). Menulis. Tanggerang: Pustaka Mandiri.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Sukirno. (2016). Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum . Yogyakarta:
Pustaka Pelajaran.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih
Komprehensif. Rev. Ed. Jakarta: Change Publication.
Yunus, S. (2015). Kompetensi menulis kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia
DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i01.6607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.