TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM KAJIAN CERAMAH AKUN INSTAGRAM USTAZ SUBHAN BAWAZIER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Devi Nopi Yanti, Hilda Hilaliyah, Ifran Nurtriputra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan tindak tutur direktif Ustaz Subhan Bawazierz
dalam ceramah pada akun instagramnya. Metode atau teknik penelitian yang digunakan adalah teknik
analisis simak dan catat. Selain itu, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam
menyusun langkah kerja. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat
204 kalimat tindak tutur direktif dari tujuh video ceramah dalam akun Instagram Ustaz Subhan Bawazier.
Temuan penggunaan tindak tutur direktif Ustaz Subhan Bawazier terbanyak yaitu tuturan menasihati
terdapat 67 tuturan (32,84%), kemudian tuturan memohon terdapat 35 tuturan (17,16%), dan tuturan
mengajak terdapat 33 tuturan (16,18%). Dengan demikian penggunaan tindak tutur direktif pada akun
Instagram Ustaz Subhan Bawazier lebih dominan menggunakan tuturan menasihati.
Kata Kunci: Tindak Tutur Direktif, Akun Instagram, Ustaz Subhan Bawazier.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineke

Cipta.

Chaer, A. (2010). Kesantunan berbicara. Jakarta: Rineke Cipta.

Darmawati, U. (2019). Terampil berbicara. Yogyakarta: PT Intan Pariwara.

Kesuma, T. M. (2007). Pengantar (metode) pendidikan bahasa . Yogyakarta: Carasvati

books.

Leech, G. (2011). Prinsip-prinsip pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Langi, F. M. Bentuk tindak tutur berdasarkan konteks film manusia setengah salmon.

Jurnal Kajian Linguistik. Volume 1 Nomor 3 Tahun 2017.

Nadar, F. (2009). Pragmatik dan penelitian pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, K. (2003). Berkenalan dengan ilmu bahasa pragmatik. Malang: PENERBIT

DIOMA.

Santoso, D. A. (2019). Diskusi, negosiasi, dan ceramah. Surakarta: PT Aksara Sinergi.

Tarigan, H. (2015). Pengajaran pragmatik. Bandung: Angkasa Walija.

Welvi, Y.A., dkk. (2015). Tindak tutur direktif Guru dalam proses pembelajaran di

MTS Riadhus Sholihin Koto Baru Kabupaten Sijunjung. Jurnal Bahasa, Sastra,

dan Pembelajaran. Volume 3 Nomor 1, Februari 2015.

Wijana, I.D, dan Rohmadi. (2011). Analisis wacana pragmatik. Surakarta: Yuma

Pustaka.

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30998/.v2i01.6603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.