PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IX MTS NURUL HIDAYAH JAKARTA

Bela Citra Sukasta, Heppy Atmapratiwi, Ridhowati Ridhowati

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran daring terhadap kemampuan menyimak dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IX MTs Nurul Hidayah Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa MTs Nurul Hidayah sebanyak  69 siswa terdiri dari 39 laki-laki dan 30 perempuan. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX sejumlah 30 siswa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran daring bentuk web centric course terhadap kemampuan menyimak pada siswa kelas IX MTs Nurul Hidayah Jakarta, karena metode tersebut menghasilkan rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata dari hasil pembelajaran yang menggunakan bentuk web course. Berdasarkan hasil perhitungan di atas diperoleh nilai  = 19,80 dan untuk menentukan nilai  berdasarkan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 30 – 1 = 29 yaitu  = 1,699. Ternyata nilai  >   atau 19,80 > 1,699. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  ditolak yang artinya ada pengaruh signifikan dalam kemampuan menyimak  menggunakan metode pembelajaran daring pada siswa kelas IX MTs Nurul Hidayah Jakarta

 

Kata Kunci: Metode pembelajaran, daring, menyimak, siswa


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., dkk. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: Unissula Press.

Darmawan, D. (2016). Pengembangan e-learning teori dan desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Handarini, S. S dan Wulandari, O. I. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8 (3), 498. Dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503

Mardianti, S. (2015). Peningkatan keterampilan menyimak cerita pendek menggunakan media VCD film kartun pada siswa kelas v SD negeri 1 pegandekan. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Mukrima, S.S. (2014). 53 Metode belajar dan pembelajaran. Bandung: Universitas Pedidikan Indonesia.

Nasution, M. K. (2017, Juni). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika. 11 (1), 10. Diaskses dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/5 15.

Sadikin, A dan Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Biodik. 6 (02), 215-216. Dari https://onlinejournal.unja.ac.id/biodik/article/vie.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S, dkk. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Tarigan, H. G. (2015). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Waryanto, N. H. (2006, Desember). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Pythagoras. 2 (1), 14-15.




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i2.6281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.