HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 OKU

Pungki Yuliana, Nur Irwansyah, Azhari Ikhwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguraikan: (1) minat membaca pada siswa kelas X SMA Negeri 8 OKU. (2) untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 8 OKU. (3) untuk mengetahui hubungan antara minat membaca dengan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 8 OKU. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasional meggunakan tes kuisioner dan tes soal pilihan ganda. Data dianalisis dengan analisis deskripsi, analisis persyaratan data, dan teknik uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca pada kelas X SMA Negeri 8 OKU berada pada kategori tinggi sedangkan eterampilan membaca pemahaman pada siswa Pada kelas X SMA Negeri 8 OKU masih menduduki kategori rendah atau kurang dibawah KKM 70,00 sehingga perlu ditingkatkan. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,50 > ttabel= 2,042, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan keterampilan membaca pemahaman.

 

Kata Kunci: Minat Membaca; Keterampilan Membaca Pemahaman

 


Full Text:

PDF

References


Ayuniar, D., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2021). Upaya Guru Dalam Mengajarkan Keterampilan Membaca Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 SDN Gugus IV Kecamatan Pujut. Progres Pendidikan, 2(1), 26-30.

Damayanti, N. P. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Google Classroom Terhadap Minat Baca Saat Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 246-256.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87-93.

Irwansyah, Nur. (2016). MEMBACA. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.

Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan minat baca sejak dini di taman baca masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291-319.

Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kubanglaban. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 43-54. DOI: Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal review pendidikan dasar: jurnal kajian pendidikan dan hasil penelitian, 3(1), 320-328.

Nugraha, A. P., Zulela, M. S., & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19-29.

Prayoga, W. D., Bakri, M., & Rahmanto, Y. (2020). Aplikasi Perpustakaan Berbasis Opac (Online Public Access Catalog) Di Smk N 1 Talangpadang. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 183-191.

Saepudin, E. (2015). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kabupaten Bandung). Jurnal kajian informasi & perpustakaan, 3(2), 271-282.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141-152.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. Tunggal, I. D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Akun Instagram terhadap Minat Komunitas

Membaca Media Lokal. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(2), 100-109.

Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41-50.

Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11-19.




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i2.6279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.