PENGGUNAAN BAHASA TIDAK BAKU PADA TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI SMK KHARISMAWITA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Tia Setiawati, Jatut Yoga Prameswari, Yulia Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui kesalahan dalam penggunaan bahasa tidak baku pada teks ceramah siswa kelas XI SMK Kharismawita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan menyelidiki kemampuan menulis teks ceramah siswa kelas XI SMK Kharismawita kemudian melakukan analisis penggunaan bahasa tidak baku pada teks ceramah siswa tersebut. Peneliti menemukan kesalahan penggunaan bahasa tidak baku pada teks ceramah siswa kelas XI sebanyak 271 temuan. Kesalahan penggunaan bahasa tersebut dipengaruhi oleh bahasa asing sebanyak 116 temuan atau 42,8%, ragam bahasa percakapan sebanyak 5 temuan atau 1,9%, imbuhan tidak eksplisit sebanyak 12 temuan atau 4,4%, bahasa yang tidak sesuai konteks kalimat sebanyak 6 temuan atau 2,2%, bahasa mengandung makna ganda sebanyak 34 temuan atau 12,5%, bahasa mengandung arti pleonasma sebanyak 23 temuan atau 8,5%, bahasa mengandung hiperkorek sebanyak 75 temuan atau 27,7%. Dengan demikian, kesalahan penggunaan bahasa tidak baku yang paling dominan dan banyak dilakukan oleh siswa adalah kesalahan bahasa yang dipengaruhi oleh bahasa asing.

Full Text:

PDF

References


Arifa, F.N. (2016). Pedoman kata baku dan tidak baku dilengkapi pedoman umum

pembentukan istilah dan ejaan bahasa Indonesia (EBI). Yogyakarta: Aksara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Murtiani, A. (2017). Tata bahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.

Nisa, K. (2013). Kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam teks terjemahan mahasiswa.

Basindo Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(1) 1-13, 13.

Sari, L. K. (2019). Pengembangan pembelajaran menulis teks ceramah dengan model problem

based learning dipadukan media gambar pada siswa kelas XI SMA. Diglosia, 2(1) 59-

, 72.

Suandi, S. (2018). Keterampilan berbahasa Indonesia. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i1.3817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.