ANALISIS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI MENULIS KARANGAN TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII SMPN 24 JAKARTA

kingkin amalia putri

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII SMPN 24 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen pretest posttest, yaitu dengan memberikan jenis perlakuan kepada siswa. Perlakuan ini dilaksanakan untuk melihat perbedaan nilai siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Dengan sampel 25 siswa, 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data analisis dengan uji normalitas menggunakan rumus chi-kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan pretest nilai tertinggi 78, nilai terendah 64, nilai rata-rata yaitu 71. Pada posttest nilai tertinggi 99 dan nilai terendah 90, nilai rata-rata yaitu 94,58. Terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII SMPN 24 Jakarta, yaitu signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (56,92 > 2,02), maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Kata Kunci: keterampilan menulis, mind mapping, teks pidato


Keywords


keterampilan menulis, mind mapping, teks pidato

Full Text:

PDF

References


Buzan, T. (2007). Mind Map untuk anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. https://www.intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/133

De Porter, B., Reardon,M.& Nourie, S.S.2005.QuantumTheaching.Bandung: Mizan Pustaka. https://www.intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/133

Edward, C.. 2009. Mind Mapping untuk anak sehat dan cerdas.Sakti:Yogyakarta. https://www.intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/133

Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37–

https://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/6166

Latif, A., & Mahmudah, R. (2023). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Sosiologi Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Swasta Di KecamataTimurn Sakra. Journal Governance and Politics (JGP), 3(1), 157–166. https://www.jurnal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/328

Maya, L.G., & Elly, D. (2021). Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. Pusat Perbukuan. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/bahasa-indonesia-untuk-smp-kelas-viii

Rahmawati, & Roshayanti, F. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf (studi pada siswa kelas IV sekolah dasar). Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 165–171. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.443

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Pendidikan/uTbMD wAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PP1&printsec=frontcover

Sugiyono, (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Alfabetha: Bandung.

Yulia Siska. 2018. Pembelajaran IPS di SD/ MI. Yogyakarta:Garudhawaca. http://repository.radenintan.ac.id/8997/1/SKRIPSI%202.pdf




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v5i1.15063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.