Semiotika Dalam Hikayat Sri Rama dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Rizka Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk semiotika dalam Hikayat Sri Rama dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan memilih permasalahan, mengumpulkan studi literatur, membuat instrumen, mengumpulkan data, menganalisis data, menyimpulkan dan merumuskan hasil penelitian. Teknik dalam pencatatan data hasil pada penelitian ini menggunakan pembacaan heuristik, pembacaan hermeneutik dan pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang berupa buku catatan, lembar analisis unsur semiotik, lembar analisis aspek semiotik dan alat tulis. Hasil dari penelitian Semiotika pada Hikayat Sri Rama terdapat 29 data tanda (sign) dengan persentase 30,85%, 28 data referensi tanda (object) dengan persentase 29,78% dan 37 data pengguna tanda (interpretant) dengan persentase tertinggi yaitu 39,36%, dengan total 48 data dan 94 hasil temuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa semiotika yang paling banyak digunakan pada Hikayat Sri Rama ini adalah penggunaan tanda (interpretant) dengan persentase 39,36% dengan total 48 data dan 94 hasil temuan. Adapun secara implikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Hikayat Sri Rama ini relevan digunakan sebagai media dalam menganalisis nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (Hikayat).

Keywords


Hikayat Sri Rama

Full Text:

PDF

References


Aulia, F. T., & Gumelar, S. I. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Fatimah. (2020). Semiotika dalam Kajian Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Watampone: Gunadarma Ilmu.

Jonathan, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kiftiawati. (2022). Sejarah Kesusastraan Klasik Indonesia Jilid 2. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Patriansyah, M. (2014). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Karya Patung Rajudin Berjudul Manyeso Diri. Jurnal Ekspansi Seni, 16(2), 243. Diambil kembali dari http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/article/viewFile/76/64

Pradopo, R. D. (2015). Teori Kritik dan Penerapannya dalam Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suarta, I. M. (2022). Pengantar Bahasa dan Sastra Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya. Denpasar: Pustaka Larasan.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutardi, E., & Dharma, B. (2023). Analisis Struktural Semiotik Naskah Monolog Suketi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 8, No. 2. Diambil kembali dari https://doi.org/10.33654/sti.v8i2.2393

Tania, N. R., Sakinah, R. N., & Rusmana, D. (2022). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Karikatur Cover Majalah Tempo Edisi 16-22 September 2019. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, dan Budaya. 2(2), (141-142). Diambil kembali dari http://jurnal.ut.ac.id/index.php/humaya_fhisip/article/view/2578

Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v5i1.13191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.