PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RESENSI PADA KELAS XI MAN 2 JAKARTA

Resti Sri Rezeki Puspitawati, Yayan Sudrajat, Eko Yulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual pada kemampuan menulis resensi pada kelas XI MAN 2 Jakarta.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling yang membandingkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t untuk hipotesis. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis resensi pada kelas XI MAN 2 Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari thitung sebesar 12,280 > ttabel sebesar 2,0243 mampu membuktikan hipotesis penelitian (H1) bahwa model pembelajaran kontekstual dinyatakan efektif digunakan dalam kemampuan menulis resensi karena telah dibuktikan melalui hasil perolehan nilai rata-rata kemampuan menulis resensi di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual sebesar 119,5 lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan nilai rata-rata kemampuan menulis resensi di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang hanya sebesar 91,2.

Keywords


Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Menulis, Resensi

References


Mayangsari, I., Ariesta, R., & Kurniawan, R. (2023). Kemampuan Menulis Resensi

Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(2),

–268. Https://Doi.Org/10.33369/Jik.V6i2.17260

Sekolah Menengah Atas, D., Afferi Yanti, R., & Muhammadiyah Kotabumi, U. (2022).

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual

(Contextual Teaching And

Learning) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas.

Griya Cendikia, 7(2), 660–669. Https://Doi.Org/10.47637/Griya-Cendikia.V7i2.219

Sihotang, H., Pd, M., Penerbitan, P., Buku, P., & Tinggi, P. (2023). Metode Penelitian

Kuantitatif.

Solihah, I., Mauludiah, E. S., Mulyaningsih, I., Kunci :, K., Kontekstual, P., & Laporan,

M. (N.D.). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan

Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kontekstual Bagi Siswa

Kelas V Sdn 5 Sukawargi. In Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (Jipsi): Vol. I

(Issue 4).

Yani Tarigan, I., Amalia, N., Hasibuan, M. S., Program, P., Profesi, G., Tahun, P., &

Bahasa, -Pendidikan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks (Irma Yani

Tarigan, Dkk.) | 300 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(7), 2986–6340.

Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.8225223




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v4i3.12098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.