PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 KOTA BEKASI

fathya aziza, Adi Permana, Yulia Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 34 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 369 siswa, dengan sampel penelitian diambil dari kelas VIIc dan VIId yang masing-masing terdiri dari 25 siswa, sampel dipilih menggunakan teknik sampel random sampling. Instrumen penelitian terdiri atas lembar penilaian dan keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t dengan nilai = 170,29 > = 2,010635 maka ditolak diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 34 Kota Bekasi, karena dengan menggunakan media pembelajaran tersebut menghasilkan rata-rata yang lebih tinggi sebesar 84,4 dibandingkan dengan nilai rata-rata dengan menggunakan media konvensional sebesar 41,74.


References


Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Living in the world that is fit for habitation: CCIs ecumenical and religious relationships. In Aswaja Pressindo

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Dalman, H. Dr. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Lismi, Abdussamad, & Muzammil, A. R. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi

pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Teluk Keramat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 110. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/39721

Pratiwi, C. P., & Widyaningrum, H. K. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Keterampilan Menulis Kelas IV. FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan Di Era Society 5.0, 112119.

Siregar, A. P. R. (2023). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyan 38 Medan Krio. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 24382444.

Zulni, N., Sartika, R., & Septia, E. (2022). Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X Sma Pembangunan Laboratorium Unp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 5463.




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v4i3.11687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.