INTERFERENSI MORFOLOGI BAHASA BETAWI TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMK AL-FATHIYA

Reza Dafa Imam

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengukur tingkat pemahaman dan mengetahui penyebab interferensi morfologi bahasa Indonesia terhadap bahasa Indonesia dalam karangan narasi siswa kelas XI SMK Al-Fathiyah Jakarta, selain itu penulis berharap agar para pembaca lebih memahami interferensi yang terdapat didalam tulisan siswa. metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis karangan narasi ini adalah metode deskriptif kualitatif. instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel interferensi morfologi dan tabel jumlah interferensi morfologi. penelitian ini menggunaka teknik analisis data, yakni karangan dianalisis dengan memperhatikan tiap-tiap kata. kata yang menunjukan adanya interferensi morfologi di tandai dan dicatat, selanjutnya kata-kata tersebut di cocokan dengan kamus besar bahasa Indonesia edisi kelima. Terdapat sebanyak 31 atau 72,10% temuan yang terinterferensi morfologi bahasa betawi terhadap bahasa Indonesia dalam karangan narasi siswa dan yang tidak teriterferensi sebanyak 14 karangan atau 27,90 %. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan guru atau pendidik hendaknya sering memberikan tugas kepada siswa dalam bentuk tulisan agar siswa dapat memahami cara menulis yang baik dan benar.


Keywords


Interferensi Morfologi, Bahasa Betawi, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i3.10784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.