PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA ATTAQWA 02 KABUPATEN BEKASI

Fernita Aurelia, Adi Permana

Abstract


Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh aplikasi Quizizz terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Attaqwa 02 Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental). Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol sebagai pembanding. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh aplikasi Quizizz terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Attaqwa 02 Kabupaten Bekasi, hal ini didasarkan dari uji nilai thitung = 3,90 dengan ttabel untuk α = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2, sehingga diperoleh ttabel = 1,70. Karena thitung ≥ ttabel, hipotesis penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa Ho ditolak yang artinya ada pengaruh aplikasi Quizizz pada pembelajaran Bahasa Indonesia secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Attaqwa 02 Kabupaten Bekasi dibandingkan dengan metode pembelajaran secara konvensional.

Kata Kunci: Pengaruh, Quizizz, Teks Eksposisi.


Abstract

The purpose of this study was to determine the influence of the Quizizz application on the ability to write exposition texts in class X students at SMA Attaqwa 02 Bekasi Regency. This study uses a quasi-experimental approach (quasi experiment). The research technique used was an experimental technique using an experimental class that was given treatment and a control class as a comparison. The results showed that there was an effect of the Quizizz application on the ability to write exposition texts in class X students at SMA Attaqwa 02 Bekasi Regency, this was based on the test value tcount = 3.90 with ttable for α = 0.05 and dk = n1 + n2 – 2 , so that ttable = 1.70 is obtained. Because tcount ≥ ttable, the research hypothesis stated that Ho is rejected, which means that there is a significant influence of the Quizizz application on Indonesian language learning on the ability to write exposition texts of class X students of SMA Attaqwa 02 Bekasi Regency compared to conventional learning method.

Keywords: Influence, Quizizz, Expository Text.


Keywords


Pengaruh, Quizizz, Teks Eksposisi

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriliyani, D, & Khotimah, K. (2021). Pengaruh penggunaan media aplikasi Quizizz dalam melaksanakan pembelajaran daring (online) pada materi konflik di SMP Laboratorium YDWP UNESA. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 1 (1) hlm. 54.

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5) hlm. 3660-3667.

Ansoriyah, S., & Purwahida, R. (2018). Menulis populer. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bahri, A. (2016). Peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode cush word. Jurnal Konfiks, 3 (2) hlm. 93-102.

Cristiyanda, G., & Sylvia, I. (2021). Pengaruh penggunaan webquiz Quizizz terhadap hasil belajar Sosiologi siswa di SMA N 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2 (3) hlm. 174-183.

Erniati, E., Lindayani, L., & Rachim, N. (2021). Penerapan strategi think talk write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 2 (2) hlm. 103-114.

Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Farisia, H., Syafuddin, R., Na'im, M., & Tyanto, E. L. (2021). Peningkatan pemahaman siswa terhadap teks eksposisi melalui strategi membaca pemahaman SQ3R pada siswa kelas VII MTs Wachid Hasyim Surabaya. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7 (2).

Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan aplikasi pembelajaran Quizizz di sekolah dasar Kota Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hartati, H., Putri, A. N., & Irawan, B. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA MAN Tanjungpinang. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3 (1) hlm. 492-498.

Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model problem based learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9 (2) hlm. 192-202.

Mudjiono, dan Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Munirah. (2019). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Nur'aini, H. I. M., Saddhono, K., & Ulya, C. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks eksposisi (studi kasus di kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar). BASASTRA, 3 (3).

Putra, I. N. T., Sutresna, I. B., & Darmayanti, I. A. M. (2018). Pemanfaatan teknik kata kunci untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X Mipa 5 SMA N 1 Payangan I. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8 (2).

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok di SMP. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (1) hlm. 111-127.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekokah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, H. G., (2013). Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz pada matakuliah matematika sekolah ditinjau dari motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1) hlm. 347-356.




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v4i1.10438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.