INTERFERENSI MORFOLOGI PADA ANAK USIA 5?6 TAHUN DI BIMBEL UMMI CIBEUREUM BOGOR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interferensi morfologi pada anak usia 5?6 tahun di Bimbel Ummi Cibeureum Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik simak bebas libat cakap. Sumber data penelitian ini adalah tuturan anak usia 5?6 tahun di Bimbel Ummi Cibeureum Bogor. Data penelitian ini adalah data lisan yang mengandung interferensi morfologi berupa afiksasi. Bentuk interferensi morfologi berupa afiksasi terbagi menjadi empat bentuk, yaitu interferensi morfologi berupa prefiks, sufiks, infiks, dan konfiks. Hasil penelitian ini, yaitu ditemukan 50 tuturan yang terinterferensi morfologi. Dari tuturan tersebut terdapat 57 kata yang terinterferensi morfologi. Interferensi morfologi yang ditemukan berupa prefiks sebanyak 17 kata dari total 57 kata atau 30% dari total 100%, sufiks sebanyak 23 kata dari total 57 kata atau 40% dari total 100%, infiks sebanyak 2 kata dari total 57 kata atau 4% dari total 100%, dan konfiks sebanyak 15 kata dari total 57 kata atau 26% dari total 100%.
Kata Kunci: Interferensi, Morfologi, Anak Usia Dini
References
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta
----------------. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Johan, G. M. & Rindawati. (2018). Interferensi Morfologis Bahasa Simeulue Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 10 Simeulue Tengah. Jurnal Metamorfosa, 6(1), 27-39. Diakses pada 30 November 2022 dari https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/189
Malabar, Sayama. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing
Meriana, R., Ariyani, F., Agustina, E. S., & Sunarti, I. (2017). Interferensi Morfologis Pada Gelar Wicara Mata Najwa Periode Januari 2017 dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(4). Diakses pada 11 Desember 2022 dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/14254
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet
Sunarto dan Agung. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v5i1.10330
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.