INTERFERENSI MORFOLOGI PADA ANAK USIA 5?6 TAHUN DI BIMBEL UMMI CIBEUREUM BOGOR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Dwi Kirani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interferensi morfologi pada anak usia 5?6 tahun di Bimbel Ummi Cibeureum Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik simak bebas libat cakap. Sumber data penelitian ini adalah tuturan anak usia 5?6 tahun di Bimbel Ummi Cibeureum Bogor. Data penelitian ini adalah data lisan yang mengandung interferensi morfologi berupa afiksasi. Bentuk interferensi morfologi berupa afiksasi terbagi menjadi empat bentuk, yaitu interferensi morfologi berupa prefiks, sufiks, infiks, dan konfiks. Hasil penelitian ini, yaitu ditemukan 50 tuturan yang terinterferensi morfologi. Dari tuturan tersebut terdapat 57 kata yang terinterferensi morfologi. Interferensi morfologi yang ditemukan berupa prefiks sebanyak 17 kata dari total 57 kata atau 30% dari total 100%, sufiks sebanyak 23 kata dari total 57 kata atau 40% dari total 100%, infiks sebanyak 2 kata dari total 57 kata atau 4% dari total 100%, dan konfiks sebanyak 15 kata dari total 57 kata atau 26% dari total 100%.

Kata Kunci: Interferensi, Morfologi, Anak Usia Dini


References


Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

----------------. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Johan, G. M. & Rindawati. (2018). Interferensi Morfologis Bahasa Simeulue Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 10 Simeulue Tengah. Jurnal Metamorfosa, 6(1), 27-39. Diakses pada 30 November 2022 dari https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/189

Malabar, Sayama. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing

Meriana, R., Ariyani, F., Agustina, E. S., & Sunarti, I. (2017). Interferensi Morfologis Pada Gelar Wicara Mata Najwa Periode Januari 2017 dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(4). Diakses pada 11 Desember 2022 dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/14254

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet

Sunarto dan Agung. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v5i1.10330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.