KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP IT GREEN BHAKTI INSANI

nur wulan dari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menganalisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks fabel yang dibuat oleh siswa kelas VII SMP IT Green Bhakti Insani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP IT Green Bhakti Insani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks fabel karangan siswa, diperoleh kesalahan sebanyak 156 kasus kesalahan, meliputi kesalahan tanda titik (.) sebanyak 65 kesalahan setara dengan 41,7%, kesalahan tanda koma (,) sebanyak 54 kesalahan setara dengan 34,6 %, kesalahan tanda hubung (-) sebanyak 7 kesalahan setara dengan 4,5 %, kesalahan tanda tanya (?) sebanyak 3 kesalahan setara dengan 1,9 %, kesalahan tanda petik dua (“) sebanyak 27 kesalahan setara dengan 17,3%. Berdasarkan temuan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan tanda titik (.) dengan kesalahan berupa penggunaan tanda titik tidak dipakai pada akhir kalimat.

Kata Kunci: Kesalahan, Tanda baca, Teks Fabel.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Abdullah, S. A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Pesrta Didik Kelas V Min 2 Takalar: Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/18841/1/Silviana%20Anugrah%20Abd.-FTK.pdf

Abidin. (2009). Keterampilan Menulis dan Berbicara Akademik-Pengantar Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian: Bahasa Indonesia. Bandung: Rizi Press.

Afwan, H. (2015). Analisis Kesalahan Penerapan Tanda Baca dalam Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Dua Mei Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015: Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. file:///C:/Users/green/Downloads/Hedy%20Afwan%201110013000059(WATERMARK).pdf

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Artati, Y. B. (2018). Kreatif Menulis. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Budianto, D. (2019). Analisis Kesalahan Tanda Baca dan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dalam Karangan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MI Al Islam Kota Bengkulu: Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2814/1/skripsi%20david%20pdf.pdf

Creswell. J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Indrawan, R. & Yaniawati, R.P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Itsna, A. R., Mudzanatun, Ibnu, F. R. Analisis Kesalahan Penerapan Kata Baku dan Tanda Baca Dalam Menulis Kembali Isi Cerita Fabel. Jurnal Mimbar Ilmu, hal 4.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21307/13288

Keraf, G. (2004). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Latifah, D. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Huruf Kapital pada Cerpen Siswa Kelas XI SMK Informatika Utama Depok: Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/39768/1/DINI%20LATIFAH-FITK

Safitri, A. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Teks Fabel Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016-2017: Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.

http://eprints.unram.ac.id/5605/1/Jurnal%20%20Anindya%20Safitri%20%28E1C113007%29.pdf

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyono, K. (2006). Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.

Puspitasari, Y. (2014). Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25471/1/YETI%20PUSPITASARI-FITK.pdf

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sungguh, A. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pembentukan Istilah. Jakarta: Bumi Merdeka.

Suparno, M.Y. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zainurrahman. (2011). Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/alegori.v3i2.10136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Indonesian Language Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in Sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Alegori Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.