Perancangan Game Edukasi Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android Dengan Pengembangan Model Luther

Irvin Hasiba Mayori Sudianto, Alusyanti Primawanti, Didik Nur Huda

Abstract


Game  Edukasi  adalah  game  digital  yang  dirancang untuk pengayaan pendidikan (mendukung pengajaran dan pembelajaran). Dengan menggunakan media game edukasi dapat meningkatkan semangat dalam belajar dan memecahkan  permasalahan dengan cepat dan tepat. Pembuatan game edukasi matematika dasar menggunakan software construct 2, dengan metode model Luther yang terdiri dari enam tahap, yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep matematika dasar, khususnya operasi hitung. Dengan merancang game edukasi yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak-anak dan melalui penerapan metode Luther, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pembelajaran operasi hitung di tingkat sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Adrian, Q. J., & Apriyanti. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android. Jurnal TEKNOINFO, 13(1), 51-54. Doi: https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159

Harahap, N. S, (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika.

Saputro, T. A., Kriswandani, & Ratu, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 10-23. Doi: https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1775

Pujiono, E. (2017). Media pembelajaran interaktif berbasis construct 2 pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi Hindu Budha untuk SMA Negeri 1 Semarang kelas X. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik, 3(1), 1-17. Doi: https://doi.org/10.26877/jp3.v3i1.2204

Adiwijaya, M., Satoto, K. I., & Christyono, Y. (2015). Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 4(1). Doi: https://doi.org/10.14710/transient.v4i1.128-133

Muhtasyam, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Dengan Bantuan Software Construct 2 Pada Materi Aljabar. Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Syarif hidayatullah, Jakarta.

Kalaka, Y., Mustofa, Y. A., & Dalai, H. (2023). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 2(1), 1-82. Doi: https://doi.org/10.37195/balok.v2i1.542

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i03.9556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats