Sistem Penagihan Kredit Kendaraan Dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Java

Rizki Eka Septian, Dudi Parulian, Edy Saputra

Abstract


Permasalahan yang dihadapi adalah proses penagihan kredit kendaraan yang masih bersifat manual di PT Swakarya Insan Mandiri, Proses penentuan penagihan kredit kendaraan yang ada sekarang ini masih belum efisien. Tujuan dirancangnya suatu sistem pendukung keputusan penagihan kredit kendaraan agar memudahkan tim collector dalam penentuan penagihan kredit kendaraan dari hasil kinerja dan proses perhitungannya terkomputerisasi dengan menggunakan metode SAW. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Additive Weighting dalam penyelesaian permasalahan yang sudah diteliti. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu menghasilkan laporan data penagihan kredit kendaraan pada PT Swakarya Insan Mandiri yang akurat sehingga dapat membantu dalam membuat strategi di masa yang akan datang.  Sistem aplikasi yang dirancang sudah layak digunakan untuk proses penentuan penagihan kredit kendaraan pada PT Swakarya Insan Mandiri karena sudah sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat mempermudah pimpinan dalam proses penginputan data serta pembuatan laporan.

Kata Kunci: SPK, Penagihan Kredit, Kendaraan, SAW, Java


Full Text:

PDF

References


M. I. Fu’adi and A. Diana, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Untuk Pemilihan Nasabah Terbaik Pada Toko Sepatu Saman Shoes,” RADIAL J. Perad. Sains, Rekayasa dan Teknol., vol. 9, no. 2, pp. 265–280, 2022, doi: 10.37971/radial.v9i2.243.

Timotius, F. Agus Setyaningsih, and U. Ristian, “Sistem Pendukung Keputusan Peminjaman Dana Kredit CU BIMA Cabang Tempunak Menggunakan Metode Simple Addictive Weighting (SAW) Berbasis Web,” J. Coding, vol. 06, no. 03, pp. 265–275, 2018.

Kaswan, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

V. Rivai, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Bandung: Rajagrafindo Persada, 2014.

K. Yasdomi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Modal Usaha Menggunakan Metode Weighted Product ( Studi Kasus Pada Bank Danamon Simpan Pinjam Ujung Batu ),” Riau J. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 92–105, 2015.

S. S. Sundari and Y. F. Taufik, “Pegawai Baru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ),” Sisfotenika, vol. Vol. 4, No, pp. 140–151, 2014.

M. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

A. Wibowo and K. Kunendra, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kelayakan Kredit Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 1, no. 1, pp. 22–25, 2017.

H. Abdurahman and A. R. Riswaya, “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti STMIK Mardira Indonesia, Bandung,” J. Comput. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 61–69, 2014.

Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

Yanto, Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: DeePublish, 2020.

F. Rachman and A. F. Daru, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Nasabah Pada Pt Ga Tiga Belas Dengan Metode Simple Additive Weighting( Application the Support System Decision Assessment Employees At Pt Ga Tiga Belas With the Methods Simple Additive Weighting ),” J. Pengemb. Rekayasa dan Teknologi, vol. 17, no. 1, pp. 24–30, 2021, [Online]. Available: https://journals.usm.ac.id/index.php/jprt/article/view/3636




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i01.9554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats