Penerapan Metode AHP Dalam Penentuan Anggota Terbaik di Suku Dinas Penanggulangan Pemadam Kebakaran

Reinhard Agustinus Purba, Dwi Yulistyanti, Didik Wiguna

Abstract


Permasalahan yang dihadapi adalah pemilihan anggota terbaik yang masih bersifat manual di Suku Dinas Penanggulangan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Proses penentuan pemilihan anggota terbaik yang ada sekarang ini masih belum efisien. Tujuan dirancangnya suatu sistem pendukung keputusan pemilihan anggota terbaik agar memudahkan pimpinan dalam penentuan anggota terbaik pada setiap bulannya dan proses perhitungannya terkomputerisasi dengan menggunakan metode AHP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process dalam penyelesaian permasalahan yang sudah diteliti. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu menghasilkan laporan data anggota terbaik pada Suku Dinas Penanggulangan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan yang akurat sehingga dapat membantu dalam membuat strategi di masa yang akan datang.  Sistem aplikasi yang dirancang sudah layak digunakan untuk proses pemilihan anggota terbaik pada Suku Dinas Penanggulangan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan karena sudah sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat mempermudah pimpinan dalam proses penginputan data serta pembuatan laporan.

Kata Kunci: SPK, AHP, Anggota, Java, MySQL


Full Text:

PDF

References


M. I. Fu’adi and A. Diana, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Untuk Pemilihan Karyawan Terbaik Pada Toko Sepatu Saman Shoes,” RADIAL J. Perad. Sains, Rekayasa dan Teknol., vol. 9, no. 2, pp. 265–280, 2022, doi: 10.37971/radial.v9i2.243.

T. A. H. dan Rusdah, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Simple Additive Weighting (SAW) Pada PT. Primasolusi Informatika Nusantara,” J. IDEALIS, vol. 1, no. 1, pp. 444–452, 2018.

N. Afni, R. Pakpahan, and A. R. Jumarah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Dengan Implementasi Metode Waterfall,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 2, pp. 99–104, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i2.6629.

R. Antika and T. Susilowati, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan pada SMA N 1 Sukoharjo Menggunakan Metode SAW,” Sist. Inf. STMIK Pringsewu Lampung, pp. 481–489, 2017, [Online]. Available: www.stmikpringsewu.ac.id

T. Setiady, D. Damiyana, and Y. Nurawan, “Sistem penunjang keputusan penilaian kinerja karyawan dalam pemilihan karyawan terbaik berbasis web di LP3I jakarta,” J. Sisfotek Glob., vol. 8, no. 1, pp. 87–92, 2018, [Online]. Available: file:///C:/Users/Asus pc/Downloads/176-681-1-PB (1).pdf

T. W. Ningrum, S. Valentina, and Dafi, “Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan Karyawan dengan Metode SAW pada PT. XYZ,” Jatisi, vol. 3, no. 1, pp. 73–84, 2016.

A. P. Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

Yanto, Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: DeePublish, 2020.

D. U. Nugeraha, Sistem Penunjang Keputusan: Filosofi, Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Garudhawaca, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i01.9253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats