Aplikasi Chatbot Pelayanan Informasi pada Client PT. Solusi Cipta Intitama

Suciati Suciati, Bay Haqi, Dwi Yulistyanti

Abstract


Seiring meningkatnya perkembangan teknologi informasi banyak inovasi terbaru dalam pengembangan. Ada berbagai jenis layanan yang digunakan untuk melayani kebutuhan pengguna seperti menggunakan telepon, chatting dan lain-lain. Semua jenis layanan ini bertujuan untuk berkomunikasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah teknologi Artificial Intelligence (AI). Dengan teknologi AI, dapat melakukan tugas-tugas tertentu sama seperti yang dilakukan oleh manusia, salah satunya adalah chatbot. Solusi Cipta Intitama merupakan perusahaan yang memberikan pelayanan konsultasi dan perizinan terkait dengan usaha, termasuk hukum pertanahan dan perizinan jual-beli tanah/bangunan. Namun, masih terdapat kekurangan dalam pelayanan informasi yang menyebabkan ketidakpuasan client. Oleh sebab itu, teknologi chatbot sangat membantu client untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.


Full Text:

PDF

References


B. Azzahra, “Perusahaan Melalui Artificial Intelligence & Tech Analytics Pada Era Disruptif,” J. Ris. Akunt. dan Keuang., vol. 16, no. 2, pp. 87–100, 2020.

I. Lestari, “Kata Kunci:,” vol. 1, no. 1, 2015.

J. Andi, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015.

Z. N. Baiti and F. Nugroho, “Aplikasi Chatbot ‘Mi3’ Untuk Informasi Jurusan Teknik Informatika Berbasis Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining,” Matics, 2013, doi: 10.18860/mat.v0i0.2425.

A. L. Maitri and J. Sutopo, “Rancangan Bangun Chatbot Sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,” Eprints.Uty.Ac.Id, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: http://eprints.uty.ac.id/

E. Alfa Satyaputra, M.Sc, Beginning Android Programming with ADT Bundle. 2014. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=jNxMDwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=jy89TX9vq-&dq=apa itu android&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=apa itu android&f=false

M. F. A. Muri, H. S. Utomo, and R. Sayyidati, “Search Engine Get Application Programming Interface,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 88–97, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.175.

A. A. dan J. Setiawan, METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Kab.Sukabumi, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=5HiupxbzDq&dq=apa itu penelitian yang bersifat kualitatif&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=apa itu penelitian yang bersifat kualitatif&f=false

I. B. G. Pujaastawa, “Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan nformasi,” Univ. Udayana, p. 4, 2016, [Online]. Available: https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/8fe233c13f4addf4cee15c68d038aeb7.pdf

M. Makbul, “METODE PENGUMPULAN DATA DAN INSTRUMEN PENELITIAN,” 2021.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i01.9235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats