Metode SAW dan WP dalam Penentuan Pembangunan Infastruktur Desa

Apriyan Dwi Kurniyawan, Fanisya Alva Mustika, Iwan Budiarso

Abstract


Pembangunan merupakan proses transformatif yang ditandai dengan perubahan struktural dari waktu ke waktu, perubahan basis kegiatan ekonomi, dan kerangka kerja setiap struktur ekonomi. Permasalahan yang terjadi pada Desa Bojong Gede adalah dalam pembangunan infrastruktur belum mempertimbangkan prioritas kebutuhan dan unsur keadilan bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan untuk menentukan pembangunan infastruktur desa Bojong Gede dengan melakukan komparasi metode SAW (Simple Addictive Weight) dan WP (Weight Product). Kriteria yang digunakan antara lain lokasi, biaya, waktu pelaksanaan, kondisi, daya tahan, fungsi, dan manfaat pembangunan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan dengan metode SAW dan WP dan hasil metode SAW lebih disarankan dalam pembangunan infrastruktur di Desa Bojong Gede.


Full Text:

PDF

References


S. Mulyana and M. Octavianti, “Komunikasi Pembangunan Partisipatif dalam Pemberdayaan Purna Pekerja Migran,” J. Ilmu Polit. dan Komun., vol. 8, no. 2, 2018.

H. A. M. Panjaitan, S. Mulatsih, and W. Rindayati, “Analisis Dampak Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Inklusif,” J. Ekon. dan Kebijak. Pembang., vol. 8, no. 1, pp. 43–61, 2019.

I. N. Hanifah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Dengan Simple Additive Weighting,” J. Tek. Elektro, vol. 6, no. 1, p. 45, 2014.

P. A. W. Santiary, P. I. Ciptayani, N. G. A. P. H. Saptarini, and I. K. Swardika, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Wisata dengan Metode TOPSIS,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, pp. 621–628, 2018.

M. Rani, R. Ardiansyah, A. Agusti, D. Erdriani, and N. Husna, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier di Tia Pet Shop dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. VIII, no. 1, pp. 111–116, 2021.

Gunawan and A. P. Nugroho, “Perbandingan Sistem Pendukung Keputusan Metode Weighted Product dan Simple Additive Weighting (Studi Kasus : Pemilihan Media Cetak sebagai Sarana Promosi di Balikpapan),” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2018, pp. 19–24.

Trisnawati, D. Puastuti, and L. Soleha, “Penggunaan Metode SAW dalam Pemilihan Media Pembelajaran yang Efektif,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 13, no. 1, pp. 72–84, 2020.

R. Supardi and A. Sudarsono, “Penerapan Metode Weighted Product (WP) dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik pada PT. Agrodehasen Bengkulu,” J. Media Infotama, vol. 19, no. 1, pp. 141–147, 2023.

E. Ismanto and N. Effendi, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” SATIN (Sains dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 1, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i01.9195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats