Sistem Pemilihan Sales Terbaik Dengan Metode Topsis Di PT Dahua Vision Technology Indonesia

Febi Abdul Fadillah, Dewi Leyla Rahmah, Dwi Marlina

Abstract


PT Dahua Vision Technology Indonesia sebagai perusahaan Information Technology yang bergerak di bidang Security/Surveillance System telah banyak menjual solusi dan produknya, terutama perangkat CCTV (Closed Circuit Television). Dalam proses bisnisnya peran tim sales dilapangan sangat penting yakni untuk menawarkan dan meningkatkan penjualan. Oleh karena, perlu adanya apresiasi untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja setiap sales. Maka PT Dahua Vision Technology Indonesia memerlukan suatu metode dan sistem pendukung keputusan untuk memilih sales terbaik. Metode yang dapat digunakan adalah TOPSIS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution), yaitu metode yang akan mencari alternatif terbaik dimana alternatif tersebut memiliki jarak terdekat dari solusi positif yang ideal, serta memiliki jarak terjauh dari solusi negatif yang diukur dari sudut pandang perhitungan geometris. Sehingga PT Dahua Vision Indonesia memiliki cara penentuan sales terbaik yang terukur serta sistematis dengan kriteria yang relevan yang akan menghindari perhitungan yang tidak tepat dan susbjektivitas dalam menilai kinerja sales. Selain itu, sistem pemilihan sales terbaik dengan metode TOPSIS ini, dapat membantu meningkatkan efisiensi penentuan sales terbaik dan memberikan pengelolaan data maupun output laporan yang terstruktur.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Sales Terbaik, Metode TOPSIS, Java, Netbeans


Full Text:

PDF

References


V. Cahya Hardita, E. Utami, and E. Taufiq Luthfi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik,” Citec Journal, vol. 5, no. 2, 2018.

A. Syek Hurrijal and R. Gupitha, “Sistem Informasi Monitoring Sales Berbasis Web Pada PT. Arifindo Mandiri TDC Pamanukan,” 2020. [Online]. Available: http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jurnalfiki

W. Setiyaningsih, Konsep Sistem Pendukung Keputusan. Malang: Yayasan Edelweis, 2015.

G. Pujo Sanyoto, R. Irma Handayani, and E. Widanengsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode AHP (Studi Kasus: Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud),” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 167–174, 2017.

F. A. Sutanto, H. Yulianton, and K. Hadiono, “Implementasi Metode TOPSIS Untuk Pemilihan Wisudawan Terbaik,” Dinamik, vol. 24, no. 1, pp. 21–30, 2019, doi: 10.35315/dinamik.v24i1.7839.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung, 2013.

E. Tuti Alawiah and S. Susilowati, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Vending Machine Dengan Metode TOPSIS Studi Kasus PT. KAI Commuter Jabodetabek,” Seminar Nasional Teknologi …, vol. 3, no. 2, pp. 208–215, 2018, Accessed: Jun. 02, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/4666




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i04.9116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats