Sistem Pendukung Keputusan Pengendalian Inventaris Barang ATK Dengan Menggunakan Metode Fuzzy

Diknawaty Diknawaty, Irawan Setiadi, Iwan Budiarso

Abstract


Dalam menjalankan fungsi administrasi peranan ATK (Alat Tulis Kantor) memiliki peranan penting untuk mendukung berjalannya operasional kantor karena banyaknya laporan atau berkas yang harus dicetak. Di samping hal itu ATK memiliki ragam jenisnya sehingga data yang dikelola terhitung banyak. Terdapat kondisi permintaan barang ATK yang tidak dapat terpenuhi karena tidak tersedianya stok barang di gudang yang menghambat berjalannya fungsi administrasi hal ini disebabkan karena belum terprediksinya jumlah kebutuhan barang sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan. Dengan melihat permasalahan tersebut solusi yang ditawarkan yaitu dengan membangun Sistem Pendukung Keputusan Pengendalian Inventaris Barang ATK dengan Menggunakan Metode Fuzzy. Pada sistem ini pengguna dapat memperoleh prediksi jumlah penambahan stok barang yang perlu ditambah dengan menginputkan angka permintaan dan persediaan. Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat jumlah stok barang dapat terkendali sehingga dapat memenuhi permintaan kebutuhan permintaan ATK.

Full Text:

PDF

References


Trianasari, A. (2022). Sistem Penyewaan Wedding Organizer Berbasis, Web Pada Profesional Event Orgnizer Batak. Jurnal Esensi Infokom, 6(2), hlm. 53-58.

Marimin. (2019). Teknik & Apl Pengambilan Keputusan dan Sistem Pakar. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Wahyuni, M.S., et al. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan pada Masyarakat Desa Sawit Rejo Dengan Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP). Buletin Utama Teknik, 14(3), hlm 188-194.

Syafitri, N. (2016). Simulasi Sistem Untuk Pengontrolan Lampu Dan Air Conditioner Dengan Menggunakan Logika Fuzzy. JURNAL INFORMATIKA, 10(1), hlm. 1164-1172.

Taufiq, G. (2016). Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung

Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), hlm. 12-20.

Mardiani, E., et al. (2017). Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan Java NetBeans. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Riyanto. (2015). Pengertian XAMPP. Yogyakarta: Gamamedia




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i03.8936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats