Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar (Hiragana Dan Katakana) Untuk Pelajar Berbasis Android

Farras Raihan Rasyiq, Ega Shela Marsiani, H. Nur Ali

Abstract


Bahasa memegang peran penting dan komunikasi dalam penyampaian informasi. Bahasa Juga memeran penting dalam dunia pendidikan. Selain itu, menguasai bahasa asing dapat juga di jadikan sebagai sarana pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran bahasa Jepang. Hal ini bertujuan agar peserta didik khususnya yang ada di Indonesia memiliki modal yang cukup untuk bersaing dalam dunia global yang multi bahasa. Pengertian aplikasi secara umum adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya aplikasi merupakan suatu perangkat komputer yang siap pakai bagi user [1]. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet [2]. Desain penelitian pada hakikatnya merupakan rencana aksi penelitian (action plan) berupa seperangkat kegiatan yang berurutan secara logis yang menghubungkan antara pertanyaan penelitian yang hendak dijawab dan kesimpulan penelitian yang merupakan jawaban terhadap masalah penelitian [3].Metode yang dipakai peneliti adalah System Development Life Cycle (SDLC) yaitu metodologi klasik yang digunakan untuk mengembangkan, memelihara dan menggunakan sistem informasi. Siklus hidup sistem itu sendiri merupakan metodologi, tetapi polanya lebih dipengaruhi oleh kebutuhan untuk mengembangkan sistem yang lebih cepat. Pengembangan sistem yang lebih cepat dapat dicapai dengan peningkatan siklus hidup dan penggunaan peralatan pengembangan berbasis komputer. Dalam Perancangan aplikasi pembelajaran tersebut, peneliti membagi dalam beberapa tahap yaitu Perancangan Sistem, Analisis Sistem, Desain Sistem Umum, Evaluasi dan selektif sistem, Fase sistem desain secara detail, Operasi dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan adalah suatu sistem aplikasi pembelajaran yang mudah dipahami.

Kata Kunci : Aplikasi, Pembelajaran, Bahasa Jepang, Android.


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, H., & Riswaya, A. R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti.Bandung,Jurnal Computech & Bisnis).

Kusniyati, H., & Pangondian Sitanggang, N. S. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android,Jakarta Barat. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.15408/jti.v9i1.5573

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. S. (2017). Desain Penelitian Studi Kasus. 1–15,Malang, Gramedia.

Kusniyati, H., & Pangondian Sitanggang, N. S. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android,Jakarta Barat. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 9–18.

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. S. (2017). Desain Penelitian Studi Kasus. 1–15,Malang, Gramedia.

Widayanto Aprih, Suleman, & S Anita Isbhah. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Kategori Bahasa Untuk Tuna Wicara Berbasis Android. Purwekerto. Purwekerto Evolusi : Jurnal Sains Dan Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v5i2.2845.

Sunaryo, S., Handojo, A., & Andjarwirawan, J. (2013). Pembuatan Aplikasi Wisata Sejarah Pertempuran Surabaya 1945 Berbasis Android.Surabaya. Surabaya International.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6 Buku 1,Jakarta. Metode penelitian untuk bisnis/ Uma Sekaran, Roger Bougie | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (perpusnas.go.id).

Zainudin, A. (2013). Pengenalan android.Surabaya. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Emanuel Jando, S. K. M. T. I., & Paskalis Andrianus Nani, S. T. M. T. (2018). Algoritma dan Pemrograman dengan Bahasa Java.Jakarta Barat. Penerbit Andi https://books.google.co.id/books?id=4DuDDwAAQBAJ




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i02.8598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats